histats

9 Cara Mencegah Jerawat Membandel Terbaru 2019

Masalah jerawat bisa di atasi dengan berbagai hal mulai dari perawatan di klinik kecantikan, konsultasi dengan dokter spesialis kulit, mengobatinya dengan krim tertentu, hingga pengobatan alami. Selain itu juga ada cara mencegah jerawat secara khusus baik bagi mereka yang belum pernah terkena maupun yang sudah pernah.

Jerawat bisa saja muncul kembali suatu saat dan bahkan menimbulkan bekas baru hingga tampak lebih mencolok. Terlebih jika Anda mempunyai kulit yang sensitive dan berminyak. Karena itulah Anda harus melakukan pencegahan jerawat sebelum muncul kembali.

Tips Mencegah Jerawat Membandel

cara agar jerawat tidak tumbuh lagi
cara agar jerawat tidak muncul lagi

Secara umum ada dua cara agar jerawat tidak tumbuh yaitu upaya dari luar dan dalam. Namun alangkah baiknya Anda menerapkan keduanya secara bersamaan supaya hasilnya bisa maksimal sesuai dengan harapan. Salah satu cara mencegah timbulnya jerawat adalah perawatan kulit dari luar dengan tepat dan maksimal.

Perawatan pada kulit merupakan cara agar jerawat tidak muncul lagi dan harus dibiasakan setiap harinya. Memang tampak remeh namun manfaatnya cukup signifkan khususnya dalam jangka panjang. Ada banyak cara untuk melakukan perawatan kulit dari luar, diantaranya adalah:

1. Rajin mencuci muka

Aktifitas yang padat terlebih jika terlalu banyak di luar, tentu membuat debu, kotoran, dan sebagainya menempel pada kulit Anda. Hal itu bisa menyebabkan munculnya jerawat terlebih kulit berminyak secara berlebihan dan pori-pori tersumbat debu.

Karena itulah rajin mencuci muka menjadi cara agar jerawat tidak tumbuh kembali. Sebaiknya cuci muka dua kali sehari menggunakan sabun yang higienis, lembut, serta aman dari alkohol. Jangan lupa untuk membasuhnya dengan air bersih dan mengalir lalu mengusap dengan handuk bersih.

Jika Anda ingin cuci muka, namun terdapat makeup yang tebal sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan kapas dan pembersih wajah. Hal itu bertujuan supaya tidak menimbulkan masalah baru bagi kulit wajah Anda.

Sebagai catatan dalam upaya serta cara mencegah jerawat datang kembali yaitu menggunakan sabun muka dengan pH yang sesuai dengan kulit yaitu antara 5-6,5 pH. Jika terlalu basa, maka akan mengakibatkan kulit Anda kering lalu memproduksi lebih banyak minyak. Selain itu juga hindari sabun scrub secara berlebihan.

2. Menggunakan pelembab

Tidak ada salahnya Anda menggunakan pelembab setiap akan melakukan aktifitas sehari-hari. Hal itu bertujuan agar kulit tetap terhidrasi secara maksimal. Gunakan produk pelembab yang cocok untuk kulit Anda dan aman dari alkohol hingga acnegenic.

3. Hindari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari yang mengenai kulit bisa menyebabkan dehidrasi. Jika sudah begitu, kulit bisa kering dan memproduksi lebih banyak minyak yang menyumbat pori-pori. Karena itulah, sebaiknya gunakan tabir surya seperti sunblock dan sebagainya untuk melindungi kulit Anda. Meskipun Anda melakukan aktifitas di luar rumah bisa pastikan tetap kulit tidak terpapar secara langsung.

4. Mengurangi penggunaan makeup

Ada beberapa makeup yang menyebabkan timbulnya jerawat entah itu karena tidak cocok dengan kulit maupun akibat kandungan di dalamnya. Tidak ada salahnya Anda mengurangi penggunaan makeup sebagai cara agar jerawat tidak tumbuh lagi. Penggunaan makeup yang begitu tebal justru menyumbat pori-pori dalam kulit dan berpotensi menumbuhkan jerawat.

Hindari pula produk kosmetik yang mengandung acnegenic maupun comedogenic. Sebab kandungan tersebut bisa membuat kulit Anda sensitif dan mudah ditumbuhi jerawat. Jadi, Anda harus tetap hati-hati dalam memilih produk kosmetik.

5. Tidak menyentuh kulit dengan tangan secara langsung

Salah satu cara mencegah munculnya jerawat adalah menghindari kebiasaan menyentuh kulit, khususnya wajah dengan tangan secara langsung. Terlebih jika setelah memegang apapun tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Sebab, tangan menjadi anggota badan yang rentan akan kotoran, bakteri, maupun virus yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Oleh sebab itu jangan lupa untuk tetap membasuh tangan setelah memegang apapun dan jika mau menyentuh kulit muka. Pastikan tangan Anda bersih supaya kotoran di dalamnya tidak menempel dalam kulit dan menimbulkan jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Muncul Lagi

cara agar jerawat tidak tumbuh
cara mencegah jerawat tumbuh

Cara lain untuk menghindari jerawat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal itu sangat penting bagi kesehatan kulit Anda hingga kesehatan badan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips mencegah jerawat:

1. Konsumsi makanan yang bergizi

Timbulnya jerawat biasanya disebabkan oleh makanan yang tidak sehat. Oleh sebab itu, hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak berlebihan, kadar gula tinggi, susu, cokelat, hingga junk food yang tidak baik untuk kesehatan, khususnya kulit. Ada banyak sekali makanan bergizi, khususnya buah dan sayur yang baik untuk menjaga kesehatan kulit untuk mencegah jerawat.

Cara menghindari jerawat yang cukup mudah adalah mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A serta E, diantaranya adalah kiwi, alpukat, jambu biji, papaya, jeruk, timun, stroberi dan sebagainya. Sebaiknya buah tersebut dikonsumsi langsung alias tidak harus diolah terlebih dahulu.

Selain itu juga konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega 3 untuk menurunkan masalah jerawat, diantaranya seperti salmon, sayuran hijau, tomat, roti gandum, beras merah, kacang-kacangan, hingga sayuran kuning semacam wortel.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga bisa menjadi salah satu cara mencegah jerawat datang lagi. Karena itu, sempatkan olahraga di sela-sela kesibukan Anda baik pagi maupun sore hari secara teratur. Olahraga bisa melancarkan sirkulasi darah hingga bisa mengalir pada seluruh tubuh secara maksimal, termasuk suplai pada kulit terpenuhi.

Selain itu olahraga juga bisa mengatur perubahan hormon dalam tubuh, termasuk yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Sebaiknya bersihkan kulit khususnya wajah setelah berolahraga, mengingat adanya keringat hingga debu kotoran yang menempel. Adapun olahraga yang baik untuk kulit adalah jogging, pilates, kardio, dan aerobic.

3. Sempatkan rekreasi untuk menghindari stress

Beberapa studi mengatakan bahwa salah satu penyebab jerawat adalah stress. Hindari sejauh mungkin stres dan beban pikiran. Anda bisa melakukannya dengan rekreasi, tour, tamasya, bercerita serta bersantai dengan teman. Selain itu juga bisa melakukan yoga yang baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu juga perhatikan pola istirahat untuk menstabilkan pikiran Anda agar tetap fresh, sebab hormon kortisol yang menyebabkan jerawat dalam tubuh menjadi berkurang. Istirahat, khususnya tidur yang cukup dipercaya sebagai cara mencegah jerawat timbul. Saat tidur itulah aliran darah menjadi lebih lancar dan membuka pori-pori kulit.

4. Maksimalkan minum air putih

Minum air putih secara maksimal merupakan cara mencegah jerawat tumbuh. Dehidrasi bisa saja membuat kulit Anda sensitif dan mudah ditumbuhi jerawat kembali, sehingga sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan begitu, sirkulasi darahd dalam tubuh menjadi lancar dan bisa meminimalisir timbulnya jerawat.

Tidak ada salahnya Anda menerapkan tips serta cara mencegah jerawat di atas. Mengingat penyebab jerawat cukup kompleks dan beragam, sehingga Anda juga harus melakukannya secara rutin dan benar. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah jerawat, sebab itu sudah mencakup cara agar jerawat hilang dan tidak tumbuh lagi.

Leave a Comment