histats

9 Cara Menghilangkan Jerawat Batu 2019

Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang memiliki berbagai efek yang ditimbulkan serta mengganggu penampilan Anda. Efek jerawat ini akan mengakibatkan rasa sakit dan gatal di sekitar area jerawat jenis ini sangat membuat stress. Artikel ini akan membahas tuntas mengenai cara menghilangkan jerawat batu agar meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Penyebab Jerawat Batu

jerawat batu
obat jerawat batu

Penyebab jerawat jenis ini tidak memiliki satu faktor yang khusus, melainkan terdapat banyak faktor yang dapat menimbulkannya. Salah satu faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat ini adalah hormon endrogen yang meningkat pada kulit. Sehingga akan berdampak pada tersumbatnya pori-pori dan jerawat.

Biasanya yang rentan mengalami hormone endrogen yang tinggi adalah remaja dan wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi, kehamilan, menopause, atau kelompok yang menderita sindrom ovarium polikistik.

Pada dasarnya semua orang harus menjaga kulit agar mencegah munculnya jerawat jenis ini karena dapat muncul pada anak-anak maupun orang tua. Sehingga diperlukan obat jerawat batu yang ampuh untuk mengatasinya.

Jerawat ini bisa muncul pada area dada, Pundak, lengan bagian atas, dan tentu saja wajah. Adapun jerawat yang muncul ini biasanya diakibatkan oleh faktor genetik yang telah dialami orang tua. Sehingga peran Anda sangatlah penting untuk merawat kulit pada bagian yang berpotensi munculnya jenis jerawat ini.

Sesekali, jangan buat diri Anda bekerja atau beaktivitas terlalu banyak. Luangkanlah waktu untuk bersantai, beristirahat sejenak dan menenangkan pikiran dengan refreshing untuk menghindari stress/ ketahuilah, stress dapat meningkatkan produksi jerawat jenis batu ini.

Produksi minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat batu ini. Cucilah wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun. Usaplah wajah dengan perlahan dan lembut kemudian bilas dengan air hangat. Selain itu, jika Anda memiliki aktivitas yang padat, rajin mandi akan menghindarkan Anda dari produksi minyak berlebih.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

mengatasi jerawat batu
menghilangkan jerawat batu

Mengatasi jerawat ini tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan salep jerawat batu yang biasa dijual di pasaran. Karena jerawat jenis ini membutuhkan penanganan yang khusus atau menggunakan resep khusus dari dokter kulit.

Obat untuk jerawat batu yang disediakan oleh dokter kulit atau dermatologis akan membantu Anda untuk mengatasi jerawat ini. Berikut ini merupakan beberapa jenis obat yang dapat mengatasi dan menghindari munculnya jaringan parut bekas jerawat di kulit.

1. Antibiotik

Antibiotik biasanya diberikan dalam bentuk tablet dengan jenis dan dosis berdasarkan usia, tipe jerawat, dan kondisi jerawat. Pemberian antibiotik ini juga dapat diberikan dalam bentuk salep untuk jerawat batu.

Antibiotik dapat membantu mengontrol bakteri serta dapat meringankan peradangan pada jerawat batu. Hal ini tergantung pula pada jenis kulit Anda. antibiotik dapat menjadi salah satu pilihan Anda sebagai obat jerawat batu. Terdapat jenis kulit yang kebal terhadap antibiotik.

2. Dapsone

Obat pada jenis ini juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk menyembuhkan jerawat batu. Biasanya ditujukan pada pasien berjerawat dewasa yang mengalami peradangan pada jerawat jenis batu ini.

3. Asam salisilat dan asam azelaic

Obat ini memiliki sifat antibakteri yang akan mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut pada kulit Anda. sehingga dapat menjadi salah satu cara menyembuhkan jerawat batu pilihan.

4. Pil kontrasepsi

Pil kontrasepsi ini dapat digunakan sebagai terapi jerawat. Cara mengobati jerawat batu menggunakan terapi pada jenis obat ini harus diiringi dengan obat jerawat lain menurut saran dokter. Biasanya obat ini digunakan oleh pasien perempuan melalui konsultasi oleh dokter kulit atau dermatologi.

5. Isotretinoin

Obat jerawat batu paling ampuh adalah isotretinoin ini. Isotretinoin memiliki fungsi menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Sehingga dapat menyingkirkan jerawat batu secara permanen.
Namun obat ini memiliki resiko atau efek samping, sehingga diperlukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Setelahnya, Anda dapat mengobati jerawat batu dengan jenis obat ini.

6. Retinoid

Dokter biasanya memberikan obat dengan jenis krim, gel, atau salep yang mengandung retinoid atau vitamin A sebagai obat penghilang jerawat. Obat ini memiliki fungsi untuk mwngatasi pori-pori yang tersumbat dan mendukung obat antibiotik agar dapat bekerja secara maksimal.

7. Spironolactone

Salah satu cara mengempeskan jerawat batu dengan spironolactone. Obat ini berfungsi untuk menghambat produksi hormone androgen pada kelenjar minyak di kulit. Biasanya obat ini diberikan pada remaja perempuan jika antibiotik oral tidak ampuh pada kulit Anda.

8. Merubah gaya hidup

Kita sebagai manusia diberi waktu tidur yang baik selama 7 sampai 8 jam, konsistensi tidur tersebut dapat muemberikan kesegaran pada tubuh sehingga baik bagi kesehatan. Dengan tidur cukup maka kondisi badan Anda pada mode terbaik.

Menciptakan tubuh yang fit juga diiringi dengan olahraga yang cukup. Anda dapat secara rutin melakukan olahraga dengan tetap menjaga kebersihan wajah sebelum dan setelah olahraga. Sehingga terhindari dari bakteri yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Jika wajah Anda sudah mengalami, maka untuk menghilangkan jerawat batu Anda harus menghilangkan kebiasaan memencet maupun mengopek jerawat karena akan berakibat lebih buruk.

Hindari juga perilaku menyentuh jerawat yang akan muncul atau bahkan muncul pada kulit dengan tangan secara langsung. Karena dapat menyebabkan infeksi atau luka pada kulit Anda.

Hindari produk seperti facial scrub, masker, astringen, atau produk yang mengandung minyak untuk diaplikasikan kepada wajah Anda. Karena produk mengandung minyak ini akan menimbulkan atau memperparah jerawat.

Jika Anda menggunakan skin care, pilihlah produk yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat (salicylic acid), asam glycolic atau alpha hydroxyl acid. Ketiga kandungan ini dapat mengurangi kelebihan minyak di permukaan kulit sehingga menjadi salah satu pilihan dalam cara mengatasi jerawat batu.

Sebelum Anda melakukan aktivitas di luar atau yang terkena paparan matahari secara langsung, gunakan tabir surya untuk melindungi wahah dari sinar matahari langsung. Karena jika matahari mengenai jerawat secara langsung maka akan memperburuk jerawat.

Pastikan barang-barang yang sering bersentuhan dengan wajah Anda juga bersih. Seperti rambut, ponsel, kerudung, helm, topi, atau handuk dalam kondisi bersih jika digunakan. Karena bakteri yang terdapat pada beberapa benda ini akan menyebabkan munculnya jerawat.

9. Gunakan bahan alami

Selain menggunakan obat dan pola gaya hidup, Anda juga dapat menggunakan jenis umbi-umbian untuk digunakan untuk mengatasi jerawat batu. Salah satu umbi-umbian yang dapat digunakan adalah kentang.

Cara mengempeskan jerawat batu menggunakan kentang dengan cara mengupas 1 buah kentang lalu potong tipis-tipis. Kemudian tempelkan potongan tipis tersebut pada area wajah yang muncul jerawat batu. Lalu diamkan selama 10 menit kemudian cucilah wajah dengan air dingin.

Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga dapat memilih cara menghilangkan jerawat batu di jidat dengan terapi. Adapun jenis terapi ini dapat dilakukan selingan dengan obat maupun dapat dilakukan sebagai upaya tersendiri jika Anda tidak ingin mengkonsumsi obat.

Dalam terapi ini komedo hitam maupun putih Anda akan terangkat menggunakan alat khusus, sayangnya terapi ini dapat menimbulkan jaringan parut pada kulit sehingga menjadi salah satu dampak munculnya jerawat juga.

Terapi laser jerawat batu dan fotodinamik juga dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang mulai menunjukkan hasil yang baik. Dengan diiringi penelitian lebih lanjut, maka dokter akan menemukan jenis laser yang aman bagi kulit dan tubuh pasiennya.

Penjelasan di atas dapat menjadi informasi bagi Anda untuk mengenal, memahami, dan mengatasi jerawat jenis batu. Anda juga dapat menemukan obat jerawat batu di apotik terdekat sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk segera mengatasi jika Anda mengalami jerawat ini.

Cara menghilangkan jerawat batu di atas dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk terapi pengobatan jerawat batu agar menyingkir dari kulit Anda. Pastikan untuk selalu menjaga gaya hidup sehat dan konsultasikan jerawat jenis batu Anda ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Leave a Comment