histats

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Bernanah 2019

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Hal ini dianggap umum dirasakan karena anak-anak hingga dewasa pun pernah mengalami jerawat. Jika jerawat Anda terasa membesar, berwarna merah, dan berisi nanah di dalamnya, maka jerawat tersebut adalah jerawat bernanah.

Jerawat bernanah jika tidak diatasi akan menyebabkan bekas pada kulit. Bekas tersebut akan hilang dalam jangka waktu yang agak lama. Sehingga diperlukan pemahaman tentang penyebab dan cara mengatasi jerawat bernanah. Sehingga akan lebih mudah untuk menghindari jerawat jenis ini.

Pengertian Jerawat Bernanah / Pustula

cara mengatasi jerawat bernanah
jerawat pustula

Pustula atau yang bisa disebut nanah jerawat merupakan salah satu jerawat berbentuk bintik kecil yang berwarna merah dan memiliki nanah di bagian ujungnya. Jerawat ini disebabkan oleh infeksi yang masuk ke dalam tubuh Anda dan sel darah putih berusaha untuk melawannya. Nanah merupakan sel darah putih yang bertarung dengan kuman.

Infeksi yang menimbulkan nanah ini dapat dikategorikan menjadi bakteri dan jamur. Jerawat pustula ini memiliki sifat steril yang disebabkan oleh penyakit kulit yang meradang seperti yang terdapat pada pemphigus atau psoriasis.

Biasanya jerawat muncul pada area wajah, dada, leher, punggung, dan bahu. Jerawat memiliki berbagai jenis seperti komedo hitam, komedo putih, dan jerawat nanah. Jerawat pustula ini memiliki ukuran yang lebih kecil yakni antara lima sampai sepuluh milimeter.

Penyebab Jerawat Bernanah

jerawat nanah
cara menghilangkan jerawat bernanah

Sebelum beranjak pada cara menghilangkan jerawat bernanah, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Meskipun terlihat sepele, namun aktivitas sehari-hari Anda juga dapat menyebabkan munculnya jerawat pada jenis ini.

Tubuh pasti memiliki perubahan hormon yang paling sering dialami oleh perempuan pada saat menstruasi, masa tiga bulan kehamilan, dan lain sebagainya. Perubahan hormon ini akan menyebabkan peningkatan produksi minyak dan mengerasnya sel kulit. Sehingga akan menyebabkan penyumbatan sehingga memicu munculnya jerawat.

Kandungan wajah seperti lanolin dan minyak dapat menutup pori-pori pada kulit Anda dan menghalangi keluarnya minyak yang dihasilkan kulit dan kulit mati yang dibawanya. Hal ini mengakibatkan penumpukan minyak dan kulit mati sehingga muncul jerawat meradang dan bernanah.

Penyebab jerawat nanah yang lainnya adalah stress. Terkadang pikiran Anda dipenuhi oleh kejadian dan permasalahan yang tidak menyenangkan sehingga dapat mengakibatkan stress. Pada saat stress, Anda akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan kelenjar keringat yang memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya sehingga menimbulkan peradangan.

Bagi Anda yang gemar menggunakan makeup sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan pada kulit setelah makeup karena akan menyebabkan jerawat. Nanah jerawat ini akan timbul jika Anda terlambat membersihkan wajah atau menggunakan produk makeup yang mengandung minyak.

Cara membersihkan wajah juga berpengaruh terhadap hal ini lho. Cara membersihkan wajah dengan kasar akan mengakibatkan munculnya jerawat nanah di pipi karena kulit akan terluka. Kulit yang terluka ini akan memberikan akses kepada bakteri yang akan memicu jerawat meradang.

Menjaga kebersihan pada benda yang bersentuhan dengan kulit juga penting, seperti handphone dan lain sebagainya. Jika benda tersebut mengandung kotoran dan menyentuh kulit, maka kulit akan terkena kotoran dan akan menyebabkan jerawat bernanah.

Selain itu, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa faktor genetik juga mengakibatkan munculnya jerawat pada wajah Anda. Jika orang tua Anda memiliki jerawat bernanah, maka Anda juga akan berpotensi memiliki jerawat yang sama karena faktor genetik tersebut.

Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah Dan Bekasnya

cara menghilangkan jerawat nanah
penyebab jerawat bernanah

Jika Anda telah mengalami jerawat kecil bernanah pada kulit, harus segera dilakukan penanganan yang tepat agar jerawat tersebut dapat teratasi. Karena jika tidak akan mengakibatkan luka dan menimbulkan efek membekas pada kulit.

1. Tidak memencet atau mengopek jerawat

Jika jerawat gatal dan bernanah, jangan pernah untuk memencet ataupun mengopek jerawat tersebut karena akan berakibat fatal pada kulit yang berjerawat tersebut. Pastinya Anda membutuhkan kesabaran jika terdapat jerawat yang muncul untuk tidak menyentuhnya karena sebagian besar orang tidak sabar.

Salah satu cara menghilangkan jerawat bernanah adalah dengan melakukan perawatan dengan baik pada jerawat dan area sekitar jerawat tersebut. bersihkan dengan kapas yang aman untuk wajah kemudian olesi dengan salep khusus obat jerawat. Jika tidak mengalami perubahan, konsultasikan wajah Anda kepada dokter atau dermatologi.

2. Menggunakan obat yang dijual di pasaran

Salah satu cara menghilangkan jerawat nanah adalah menggunakan obat topikal atau obat oles yang disediakan pada berbagai apotik tanpa resep dokter. Salah satunya benzoil peroksida yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Menggunakan sulfur dan asam salisilat

Sulfur merupakan bau alami yang ditemukan pada beberapa pembersih, masker, maupun lotion. Sedangkan asam salisilat adalah zat yang terkandung pada sabun atau pembersih yang membantu pori-pori tidak tersumbat. Sehingga produk dengan kandungan ini dapat mengatasi jerawat bernanah.

4. Menggunakan antibiotic

Jika jerawat kecil bernanah Anda sulit untuk diobati, maka biasanya kulit Anda kebal terhadap obat selain antibiotik. Oleh karena itu biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik jenis oral atau topikal untuk membunuh bakteri dalam kulit.

Antibiotik ini digunakan dalam waktu kurang lebih tiga minggu dan tidak boleh lebih dari anjuran dokter, untuk menghindari tubuh Anda tidak membangun resistensi dan rentan terhadap infeksi. Penggunaan antibiotik ini dapat mengatasi infeksi jerawat disertai dengan gabungan obat lainnya.

5. Isotretinoin

Isotretinoin atau yang bisa disebut accutane merupakan obat yang berbahan dasar vitamin A yang digunakan untuk mengatasi jerawat bernanah paling ampuh jika pada obat yang lain tidak dapat bekerja pada kulit Anda.

Obat ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat bernanah tanpa bekas namun memiliki efek samping pada penggunanya. Penggunaan jerawat ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil karena akan menyebabkan kecacatan pada janin.

Pada saat menggunakan obat dengan kandungan zat ini, Anda tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena akan menyebabkan iritasi. Penggunaan obat dengan zat ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis.

Lima cara di atas dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat nanah dengan cepat namun untuk mencegah jerawat pustula ini muncul adalah dengan membuat pola hidup yang bersih dan sehat.

Makanlah makanan yang sehat dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung glukosa yang tinggi. Konsumsi makanan berlemak dan mengandung gula dapat meningkatkan minyak pada tubuh yang nantinya akan menimbulkan jerawat.

Rutin mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih muka yang tidak mengandung minyak, menghindari paparan sinar matahari, serta cara membersihkan wajah dengan lembut juga menjadi salah satu cara mengatasi jerawat nanah.

Sedangkan cara mengobati jerawat bernanah dan berdarah dapat diatasi dengan menjaga kebersihan jerawat dan area di sekitar jerawat. Kemudian jangan pernah menyentuh atau mengopek jerawat meskipun kering karena akan menyebabkan iritasi jerawat bernanah lebih meradang.

Leave a Comment