histats

5 Penyebab Jerawat di Bibir dan Cara Mengatasinya 2019

Jerawat bisa tumbuh dimana saja seperti pipi, hidung, dahi, leher, lengan, punggung, dagu, hingga bibir. Hal itu disebabkan oleh produktifitas sebum atau kelenjar minyak yang tersumbat. Ditambah lagi dengan banyaknya sel kulit mati pada daerah tersebut hingga membuat sebum sulit untuk keluar. Kemudian muncul benjolan kecil seperti halnya jerawat di bibir atau area sekitarnya.

Bibir dan area sekitarnya juga tak luput dari masalah kulit berjerawat. Jerawat di bawah bibir, tengah, maupun tepi, tentu bisa mengganggu penampilan Anda hingga berpengaruh terhadap kepercayaan diri. Ada kalanya jerawat di bawah bibir, sudut bibir, tepi bibir, hingga mulut tepat. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan jerawat pada umumnya yaitu berupa bintik atau benjolan kecil.

Cara Membedakan Antara Jerawat Bibir dengan Herpes

jerawat dibawah bibir
jerawat diatas bibir pertanda apa

Seringkali herpes juga tumbuh di bibir atau sekitarnya layaknya jerawat. Terlebih jika penyakit tersebut masih dalam kondisi awal dan dasar, sehingga tampak sekali menyerupai jerawat. Karena itulah perlu Anda ketahui terlebih dahulu perbedaan antara keduanya untuk memudahkan perawatan dan proses penyembuhan. Berikut adalah cara mengenalinya:

  1. Jerawat tampak berupa benjolan yang cukup keras dan ujungnya berisi nanah, sedangkan herpes biasanya kulit lebih kendur dan melepuh karena berisi cairan bening.
  2. Jerawat lebih sakit saat disentuh, terlebih ditekan lebih dalam, sementara bibir yang terkena herpes cenderung gatal, panas, dan perih.
  3. Pertumbuhan jerawat lebih bersifat menyendiri di bagian tertentu pada bibir seperti ujung saja, sedangkan herpes tampak lebih lebar dan mengelompok.
  4. Herpes umumnya ditandai dengan kondisi lain dalam tubuh seperti demam, lemas, nyeri otot, gelisah, hingga pembengkakan kelenjar getah bening. Sedangkan jerawat tidak disertai dengan tanda tersebut.

Penyebab Jerawat Di Bibir

jerawat diatas bibir
jerawat di sekitar mulut

Area wajah sering ditumbuhi jerawat seperti halnya di bibir maupun sekitarnya. Jerawat dekat bibir tentu akan membuat kebanyakan orang tidak percaya diri dalam berbagai penampilan. Terlebih jika jumlahnya cukup banyak seperti jerawat di bibir atas hingga jerawat di sekitar mulut. Lalu apa penyebabnya? Berikut adalah penjelasannya:

1. Stress yang berlebihan

Stress bisa memicu jerawat di sekitar bibir menjadi lebih buruk. Jika Anda terlalu banyak dan keras memikirkan suatu hal, bisa menimbulkan jerawat. Hal itu disebabkan produktifitas hormon tidak seimbang.

2. Hormon tidak seimbang

Salah satu hormon yang berpengaruh terhadap kemunculan jerawat adalah androgen. Kadar hormon tersebut bisa saja meningkat hingga akhirnya bisa membuat bibir Anda berjerawat. Selain itu juga membuat produktifitas kelenjar sebasea dan sebum menjadi lebih banyak.

Terlebih masa puber anak laki-laki maupun perempuan akan menghasilkan hormon andogen lebih banyak. Tak heran jika mereka lebih berpotensi terkena penyakit jerawat. Begitu pula dengan perempuan hamil, perempuan yang menggunakan alat kontrasepsi dan semacamnya yang bisa memicu tumbuhnya jerawat.

3. Konsumsi makanan terlalu pedas dan berminyak

Bisa jadi mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak berlebihan bisa menimbulkan jerawat di bibir. Berminyak dan pedas tentu menghasilkan lemak secara berlebihan dalam tubuh yang berakibat fatal bagi kulit, sehingga menimbulkan jerawat. Terlebih jika Anda mempunyai alergi pada rasa dan jenis makanan pedas maupun berminyak akan memperburuk kondisi jerawat.

4. Pasta gigi

Terlepas dari fungsi utamanya sebagai pembersih mulut, ternyata pasta gigi bisa menyebabkan jerawat di mulut. Mengingat tidak semua pasta gigi cocok dengan kulit bibir atau mulut Anda. Kandungan dalam pasta gigi bisa jadi tidak baik untuk kesehatan kulit bibir maupun area sekitarnya, sehingga Anda perlu hati-hati saat memilihnya.

5. Kosmetik khusus bibir

Ada banyak sekali alat kosmetik khusus bibir seperti halnya lipstick dan sebagainya. Hal itu bisa menyebabkan munculnya jerawat sekitar mulut bahkan di bibir itu sendiri. Mengingat tidak semua kandungan di dalamnya cocok dan aman untuk jenis kulit bibir Anda. Oleh sebab itu, Anda harus pandai dalam memilih produk kosmetik, khususnya lipstick.

Arti Jerawat Berdasarkan Tempat Tumbuhnya di Bibir

cara menghilangkan jerawat di bibir
jerawat bibir

Bibir memang tidak cukup luas, namun cukup untuk ditumbuhi jerawat. Seperti halnya jerawat di bibir atas, bawah, tepi, maupun sudut hingga area sekitarnya. Tahukah Anda jika masing-masing tempat tumbuhnya tersebut terdapat arti atau penyebabnya sendiri sebagaimana penjelasan di bawah ini:

1. Di bawah bibir

Seringkali waxing bulu halus di bagian dagu atau bawah bibir menyebabkan tumbuhnya jerawat. Baik laki-laki maupun perempuan mengalami hal demikian. Terlebih bagi perempuan yang mempunyai bulu halus di dagu dan dinilai mengganggu penampilan, mereka tidak segan untuk mencukur atau melakukan waxing.

Hal itu biasanya disebabkan oleh gangguan siklus menstruasi, menjelas menopause, bahkan ovarium polikistik. Meskipun begitu, tanda tersebut tidak perlu dikhawatirkan dan masih dalam kondisi wajar.

Sedangkan bagi laki-laki hal itu lebih disebabkan oleh iritasi silet saat mencukur rambut dagu, terlebih hasilnya tidak bersih. Selain itu juga disebabkan oleh nikotin bagi mereka yang biasa merokok. Jadi, artinya adalah adanya iritasi dan penyakit tertentu bagi perempuan.

2. Di atas bibir

Sebagian orang merasa terganggu dengan bulu kumis yang tumbuh di atas bibir, khususnya bagi kaum perempuan. Mereka kemudian melakukan aktifitas facial khusus untuk mencabut atau menghilangkan bulu tersebut. Hal itulah yang menjadi awal penyebab jerawat di atas bibir.

Namun, ternyata hal itu bisa membuat kulit atas bibir Anda tersebut ditumbuhi jerawat ringan berupa benjolan kecil, merah dalam beberapa hari saja. Jadi, tanda jerawat di atas bibir adalah iritasi akibat gesekan ataupun tekanan benda tertentu sehingga membuat kulit lebih sensitif hingga mudah ditumbuhi oleh jerawat.

3. Di sudut bibir

Sudut bibir seringkali menjadi tempat tumbuhnya jerawat. Jika sudah demikian, bisa saja berarti Anda mengalami stress yang berlebihan hingga gejala penyakit menular seksual, seperti halnya herpes. Kebanyakan di bagian inilah jerawat tumbuh cukup parah berwarna kemerahan hingga berisi nanah.

4. Bawah dan atas bibir

Bukan hanya pertanyaan jerawat di atas bibir bertanda apa yang banyak melintas dipikiran banyak orang. Namun juga di lokasi lain seperti tepat di bibir baik tengah maupun tepi. Artinya adalah akibat mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan semacamnya.

Adapun cara menghilangkan jerawat pada bibir adalah cukup dengan menerapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan sehat berupa buah, sayur, dan karbohidrat yang seimbang serta tidak banyak konsumsi pedas dan berminyak hingga berolahraga teratur. Selain itu berhati-hatilah saat memilih dan menggunakan produk kosmetik khusus bibir.

Sedangkan cara menghilangkan jerawat di pinggir bibir yaitu dengan tidak menggunakan produk kosmetik atau perawatan wajah secara sembarangan hingga meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit. Tidak ada salahnya Anda untuk tetap menggunakan sunblock saat beraktifitas di luar agar kulit tetap aman dan sehat.

Beberapa tanda atau arti jerawat di atas setidaknya bisa menjawab masalah dan pertanyaan Anda mengenai arti jerawat. Mengingat jerawat pada bibir mempunyai bentuk dan lokasi yang beragam dengan penyebab yang berbeda-beda.

Leave a Comment