histats

6 Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu 2019

Jerawat di dagu menjadi salah satu pengalaman tidak menyenangkan bagi Anda karena dapat mengganggu penampilan sehingga berdampak pada kepercayaan diri. Jerawat paling sering dialami oleh wanita khususnya pada saat remaja. Remaja merupakan salah satu kondisi yang paling memperhatikan penampilan.

Selain pada wajah, jerawat juga dapat muncul di leher, dada, bahu, maupun punggung. Jangan heran jika Anda menemukan jerawat pada bagian-bagian tersebut karena meskipun tidak terlihat, namun jika jerawat mengalami peradangan maka akan sakit juga. Oleh karena itu marilah mengenali jerawat sampai cara penanganannya di bawah ini.

Definisi Jerawat di Dagu

penyebab jerawat di dagu
jerawat batu di dagu

Jerawat berarti penyumbatan pada folikel rambut di kulit yang disebabkan oleh kotoran yang bercampur dengan minyak dan sel kulit mati. Jerawat pada dagu, tidak mempunyai arti yang terlalu berarti.

Jerawat di bawah dagu ini menimbulkan rasa sakit yang akan berdampak pada saat berbicara, makan, maupun aktivitas lain yang menggerakkan dagu. Dagu memang merupakan wilayah yang sensitif terhadap minyak, sehingga dapat menimbulkan jerawat secara cepat.

Jerawat di dagu pertanda apa yang telah Anda bersihkan pada area wajah belum maksimal. Sebagian besar orang memiliki kombinasi pada bagian dahi dan pipi cenderung kering. Sedangkan area T zone dan dagu cenderung berminyak sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Karena itu Anda harus membersihkan seluruh area wajah agar tidak memunculkan jerawat.

Kenapa Jerawat Tumbuh di Dagu?

arti jerawat di dagu
cara menghilangkan jerawat di dagu

Penyebab jerawat di dagu adalah stress. Jika Anda mengalami permasalahan baik dirumah maupun di lingkungan luar rumah, sebaiknya Anda menghadapinya dengan cara yang baik agar tidak menimbulkan stress. Lakukan istirahat yang cukup agar menghindari stress yang akan menyebabkan jerawat.

Jerawat ini dapat memperlihatkan bahwa terdapat bakteri pada wajah Anda. Kurangnya menjaga kebersihan dapat menjadi penyebab utama masuknya bakteri pada kulit wajah. Sehingga diperlukan cuci wajah secara rutin dengan pemilihan produk yang tidak mengandung minyak.

Munculnya jerawat didagu juga diakibatkan dari peningkatan hormon androgen. Kalangan yang mudah mengalami jerawat karena perubahan hormon ini adalah wanita. Wanita memiliki siklus menstruasi, kehamilan, menopause, dan pengaruh pil keluarga berencana yang dapat menimbulkan jerawat.

Jerawat besar di dagu juga bisa diakibatkan oleh produksi minyak yang meningkat di wajah. Meningkatnya minyak di wajah ini dapat ditimbulkan dari makanan yang berlemak dan makanan yang mengandung gula. Adapun penyebab lain yaitu mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, seperti roti, coklat, dan keripik.

Tangan yang kotor menyentuh kulit wajah dapat menjadi akibat jerawat yang muncul dagu. Anda harus menjaga kebersihan tangan agar tidak menyebarkan bakteri pada kulit wajah. Sehingga dapat meminimalisir jerawat yang akan muncul.
Selain itu, penyebab jerawat batu di dagu timbul karena seringnya wajah terkena paparan debu maupun kotoran. Sehingga dapat menyebabkan peradangan pada jerawat yang akan mengeras menjadi jerawat batu.

Jika Anda memiliki orang tua yang telah berjerawat sebelumnya, maka kemungkinan besar Anda juga memilikinya, khususnya jerawat dagu. Karena jerawat ini juga bersifat keturunan sehingga tidak dapat dipungkiri, Anda harus melakukan penanganan secara cepat dan tepat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dagu dengan Cepat

menghilangkan jerawat di dagu
tanda jerawat di dagu

Cara menghilangkan jerawat didagu tidaklah mudah, Anda harus membutuhkan proses yang panjang disertai usaha yang lebih besar. Demi menjadikan dagu Anda kembali cantik dan mulus, perlu dilakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Tidur secara cukup dan teratur

Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur akan menimbulkan tanda jerawat didagu. Kurangnya waktu tidur ini juga dapat menyebabkan produksi hormon glukokortikoid akan meningkat dan menyebabkan stress.

Hormon tersebut akan mengganggu fungsi dan struktur pada kulit sehingga akan memunculkan jerawat. Artinya, jerawat muncul karena adanya kelebihan hormon yang diakibatkan dari kurangnya kualitas tidur yang Anda lakukan.

2. Rutin berolahraga

Jika Anda memilikinya, menandakan kurangnya intensitas olahraga yang dilakukan. olahraga dapat membantu kesehatan kulit dengan memperlancar sirkulasi darah. Ketika sirkulasi darah lancar, maka sel kulit akan mendapatkan asupan oksigen dan sel-sel kulit yang mati akan dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, dengan berolahraga Anda dapat menjaga stamina tubuh disertai dengan kulit wajah yang kembali segar. Jerawat batu di dagu dapat diatasi dengan membersihkan wajah setelah melakukan olahraga.

3. Rutin membersihkan wajah

Cara mengatasi jerawat yang tumbuh pada dagu adalah dengan secara rutin membersihkan wajah. Anda dapat menjadwalkan dua kali sehari untuk menghindari munculnya jerawat, kulit wajah memiliki kelenjar minyak yang memproduksi minyak lebih banyak daripada kulit yang lainnya sehingga dibutuhkan intensitas yang tinggi dalam membersihkan kulit wajah.

Mencuci wajah secara rutin ini dapat menghilangkan jerawat di dagu secara perlahan karena membutuhkan proses untuk mengatasinya. Anda juga harus memperhatikan produk pembersih wajah yang tidak mengandung minyak sehingga dapat mengatasi jerawat bukan menumbuhkannya.

Jika Anda menyukai makeup, harus dibersihkan segera setelah penggunaan tanpa harus dibawa tidur. Adanya jerawat tersebut menandakan makeup yang dihilangkan kurang bersih. Anda harus melakukan pembersihan menggunakan alat pembersih terlebih dahulu kemudian menggunakan sabun wajah.

Cara mencuci wajah juga dilakukan secara lembut dan perlahan. Tidak boleh mencuci wajah dengan cara yang kasar karena kulit wajah sangat sensitif dan sangat rentan. Jika Anda mencuci wajah dengan cara yang kasar maka pori-pori akan terbuka sehingga bakteri akan mudah masuk dan menimbulkan jerawat lagi.

4. Menjaga pola makan

Pola makan yang berlebihan juga dapat menjadi akibat jerawat muncul dengan mudah. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak dan mengandung gula karena dapat meningkatkan kelenjar minyak dalam tubuh.

Anda dapat mengkonsumsi vitamin A dan D untuk mengatasi jerawat di dagu. Selain itu, konsumsilah makanan yang menyehatkan seperti sayur dan buah-buahan sehingga kulit Anda menjadi cerah dan sehat.

5. Menggunakan tabir surya

Aktivitas yang Anda lakukan pasti tidak hanya berada di rumah tapi juga berada di luar rumah. Salah satu cara menghilangkan jerawat batu di dagu adalah menggunakan tabir surya sebelum keluar dari rumah.

Pastinya Anda memiliki tabir surya yang disesuaikan dengan jenis kulit agar dapat berfungsi secara maksimal. Anda dapat menggunakannya setiap akan melakukan aktivitas di luar sehingga akan menjamin kulit wajah Anda dari sinar matahari.

6. Menggunakan masker alami

Sebagai bahan peralatan, Anda dapat menggunakan bahan tradisional untuk digunakan sebagai masker. Saat ini masker alami dinilai secara ampuh mampu mengatasi jerawat dengan cepat. Anda harus melakukannya secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Anda dapat menggunakan putih telur, lidah buaya, madu, lemon, dan lain sebagainya sebagai bahan dasar pembuatan masker alami. Untuk menghilangkan bruntusan, Anda dapat menggunakan cuka apel karena kandungan di dalamnya mampu mengatasi bakteri dan minyak yang menempel di kulit.

Dari tiga hal di atas, Anda dapat memperoleh informasi terkait jerawat di dagu sesuai dengan kebutuhan. Jika cara mengatasi jerawat dagu di atas tidak dapat membantu, maka konsultasikanlah kondisi jerawat Anda dengan dokter. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penanganan secara medis.

Leave a Comment