histats

6 Cara Atasi Jerawat Di Hidung 2019

Anda tentunya pernah mengalami jerawat muncul pada area wajah, terutama pada area hidung. Jerawat di hidung memiliki rasa sakit dan tentunya berdampak pada performa Anda sehari-hari. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab dan cara menghilangkan jerawat di dalam hidung agar dapat dicegah dan diatasi.

Penyebab Jerawat di Hidung

jerawat di dalam hidung
jerawat dalam hidung

Jerawat dalam hidung memang tidak terlihat namun benjolannya mengakibatkan rasa sakit yang tak tertahankan. Perlu penanganan yang tepat agar jerawat tidak terlalu lama berada di dalam dan nantinya akan mengakibatkan permasalahan kesehatan yang lain.

Pasalnya, bisul di dalam hidung ini harus diobati secara cepat agar tidak menyebar ke dalam otak. Karena hidung merupakan tempat masuk dan keluarnya udara yang kita hirup yang nantinya akan dikembalikan ke otak. Sehingga jika lubang pada hidung terganggu akan menyebabkan masalah.

Perubahan hormon pada individu yang berubah-ubah khususnya pada wanita pada saat akan menjelang menstruasi, kemudian ibu hamil pada usia tiga bulan, dan situasi lainnya yang dapat meningkatkan hormone perlu diwaspadai timbulnya jerawat hidung.

Meningkatnya hormon dapat meningkatkan produksi berlebih pula pada bagian folikel kulit. Hal ini mengakibatkan minyak berlebih bersama sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori yang pada dasarnya merupakan saluran keluar dari foliker.

Hal ini dapat menyebabkan folikel yang berada di bawah kulit membengkak dan jika terinfeksi bakteri normal di atas kulit maka terjadi peradangan berupa jerawat di dalam lubang hidung. Hidung sebagai salah satu bagian tubuh yang memiliki banyak pori serta folikel rambut tidak luput dari efek terjadinya peningkatan hormon.

Bisul di hidung ini juga bisa terjadi meskipun jerawat kadang muncul di permukaan kulit. Jerawat muncul karena adanya infeksi yang masuk di dalam kulit. Biasanya bakteri yang terjadi jika Anda terkena jerawat jenis ini adalah nasal vestibuilitis dan nasal furuncles.

Bakteri bernama nasal vestibuilitis disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus yang menyebabkan kondisi kemerahan pada bagian ujung lubang hidung. Vestibulis nasal akut akan menjadikan jerawat atau sekumpulan jerawat berwarna merah, pembengkakan, dan akan sangat sakit jika disentuh.

Sedangkan nasal furuncles terlihat lebih besar dan menyerupai seperti bisul. Bakteri ini biasanya terletak di bagian dalam hidung yang lebih dalam. Jika terjadi bakteri ini terjadi infeksi dapat bertambah parah menjadi selulitis dan menyebar dari pembulu darah hingga ke otak sehingga menimbulkan penyakit meningitis.

Jerawat dihidung ini akan mengakibatkan penyakit yang lebih serius jika tidak diatasi secara cepat. infeksi pada bakteri ini akan menyebabkan sumbatan pembuluh dari otak. Beberapa bakteri penyebab lain diantaranya staphylococcus, dan methicilinresistant staphylococcus aureus (MRSA).

Mengatasi Jerawat Pada Hidung

penyebab jerawat di hidung
bisul di dalam hidung

Jerawat di dalam hidung sakit memang sudah merupakan sebuah hal yang bisa jika mengalaminya. Pada umumnya jerawat yang berada di dalam hidung memang terasa sakit dilihat dari permukaan yang lembab disertai peradangan yang timbul.
Perlu dilakukan penanganan segera disertai cara mengatasi jerawat di dalam hidung untuk menghindari terjadinya penyakit yang lebih serius. Menghilangkannya memang tidak mudah dan harus dilakukan penanganan yang lebih telaten.

1. Menggunakan antibiotik

Jika jerawat hidung merah muncul diakibatkan oleh bakteri, maka obat yang paling bagus untuk menghilangkan jerawat jenis ini adalah antibiotik. Obat ini dapat berupa salep maupun obat minum yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda melakukan konsultasi kepada dokter, akan dijelaskan bahwa tanda jerawat hidung ini merupakan hal yang serius. Dokter akan menyarankan tindakan bedah drainase atau pengeringan untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada area infeksi jerawat dihidung.

Jerawat di hidung tandanya mengalami infeksi yang berat berat, maka antibiotik yang diberikan harus berupa infus di rumah sakit. Kondisi ini perlu dipantau oleh dokter yang menanganinya untuk menghindari terjadinya komplikasi.

2. Menggunakan kompres hangat

Jika Anda sudah menggunakan obat antibiotik namun tidak ada hasil, maka lakukan kompres jerawat pada hidung. Lakukan kompres pada tiga kali sehari selama 15 sampai 20 menit untuk membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi rasa nyeri.

3. Mengkonsumsi obat nyeri

Jerawat yang terletak di hidung ini akan menimbulkan rasa nyeri. Jika jerawat pada hidung tidak membaik menggunakan kompres hangat, Anda dapat menggunakan obat anti nyeri untuk meredakan rasa nyeri.
Anda dapat mengkonsultasikan hal ini dengan dokter terkait dosis dan nama obat yang akan dikonsumsi. Namun disini cara mengatasi jerawat di hidung dapat menggunakan obat anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

4. Menjaga Jerawat

Menghilangkan jerawat di hidung harus memiliki kesabaran dalam merawatnya pula. Disarankan untuk tidak menyentuh maupun memencet jerawat di bagian dalam karena akan menimbulkan pori-pori semakin rentan terhadap bakteri.

Selain itu, memencet jerawat juga akan menimbulkan banyaknya bakteri yang muncul pada permukaan kulit. Bakteri tersebut juga akan lebih mudah masuk ke bagian dalam kulit. Cara menghilangkan jerawat di dalam hidung ini dapat dilakukan dengan menjaga untuk tidak memencet jerawat pada bagian dalam agar proses penyembuhan lebih cepat.

5. Melakukan pemeriksaan dokter

Jerawat di hidung pertanda apa yang telah dilakukan selama ini merupakan kesalahan. Seperti memakan gorengan dan makanan yang mengandung gula tinggi karena akan menciptakan minyak yang lebih banyak daripada biasanya.

Cara mengempeskan jerawat di hidung juga dapat dilakukan dengan pemeriksaan kepada dokter spesialis THT. Jika munculnya jerawat ini diiringi dengan demam, rasa pusing, gangguan penglihatan, kebingungan, nyeri berat pada area sekitar wajah dan sekitar mata maka harus segera dilakukan pemeriksaan dokter.

Jika dokter telah memberikan saran dan memberikan resep obat, segera ditebus agar penyembuhan jerawat di hidung Anda dapat segera sembuh. Karena jika tidak pasti akan menimbulkan komplikasi yang semakin membahayakan pada diri Anda.

6. Menggunakan tea tree oil

Jika Anda menemukan banyak produk penghilang jerawat dengan bahan dasar tea tree oil, dapat dicoba pada jerawat ini. tea tree memiliki kandungan yang dapat membunuh mikroba dan bakteri yang muncul bersamaan dengan jerawat.

Anda dapat mengoleskan tea tree dalam bentuk apapun ini di jerawat pada bagian dalam Anda. oleskan pada area yang berjerawat secara rutin 3 kali sehari agar menciptakan hasil yang maksimal. Pengaplikasian tea tree oil ini dapat dilakukan sampai mampu mengempeskan bahkan menghilangkan jerawat yang terletak di hidung tersebut.

Penyebab dari jerawat dalam hidung sangat bervariasi sehingga diperlukan sikap hati-hati bagi Anda untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat memunculkan jerawat. Selain itu, Anda dapat menggunakan cara menghilangkan jerawat jenis ini agar tidak kembali lagi pada bagian dalam hidung.

Penyebab dan cara menghilangkan jerawat di dalam hidung ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat dipilih sebagai pertolongan pertama jika Anda mengalaminya. Jika jerawat hilang, maka penampilan Anda akan semakin bagus dan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas kembali.

Leave a Comment