histats

9 Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Pernahkan Anda pernah mengalami atau mendengar jerawat di leher? Tentu kondisi tersebut memang nyata adanya. Kulit leher sebenarnya sama halnya dengan kulit bagian tubuh lainnya, khususnya area wajah yaitu bisa berminyak, terkena kotoran serta bakteri, dan sebagainya. Terlebih area leher sering menjadi pusat mengendapnya keringat.

Tak hanya leher, jerawat juga bisa tumbuh di area sekitarnya seperti dada, punggung, tengkuk, ataupun leher bagian belakang. Mengingat semua bagian tubuh tersebut berada di area yang berdekatan dan sering tertutup, sehingga mudah menghasilkan keringat.

Apa Penyebab Jerawat di Leher?

cara menghilangkan jerawat di leher
penyebab jerawat dileher

Pada dasarnya penyebab jerawat di semua tempat sama saja, termasuk pada leher yaitu kadar hormon yang tidak stabil, meningkatnya produksi minyak dalam kulit, dan tertutupnya pori-pori kulit akibat bakteri dan sebagainya. Hanya saja leher menjadi area yang mudah berkeringat serta di situ pula tempat pengendapannya hingga dada, sehingga menjadi penyebab jerawat di dada pula.

Terlebih lagi jika area leher, dada, hingga punggung sering tertutup dengan pakaian atau semacamnya, sehingga mudah menimbulkan jerawat. Selain itu, jerawat di leher dan dada disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut, pelembab, makeup, hingga tabir surya. Rambut yang terlalu panjang juga bisa memicu jerawat di tengkuk hingga leher.

Beberapa faktor tersebut juga sering menjadi penyebab jerawat di dada dan punggung. Jadi, tidak ada salahnya Anda menghindarinya supaya kulit tubuh tetap aman dan sehat.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Leher?

jerawat di leher belakang
cara menghilangkan jerawat dileher dengan cepat

Karena itulah Anda harus tetap hati-hati dalam memilih dan menggunakan produk perawatan tubuh maupun rambut. Di samping itu, tetaplah menjaga kebersihan badan Anda dengan cara segera mandi setelah olahraga dan rutin setidaknya dua kali sehari. Gunakan pula sabun badan yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Selain itu masih ada beberapa cara lain untuk mencegah timbulnya jerawat di belakang leher maupun depan sebagaimana berikut:

  1. Biasakan membersihkan leher dan sekitarnya
  2. Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan longgar
  3. Menjaga kebersihan rambut yang panjang
  4. Hindari penggunaan produk perawatan tubuh dan rambut yang bersifat sensitif
  5. Biasakan pola hidup sehat
  6. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Apabila Anda mempunyai jenis kulit berminyak dan sensitif sebaiknya gunakan beberapa pencegahan tersebut sebelum benar-benar muncul jerawat. Sebab jika sudah tumbuh, membutuhkan perawatan dan penyembuhan yang ekstra serta waktu yang sangat lama.

Cara Menghilangkan Jerawat di Leher

menghilangkan jerawat di leher
jerawat dileher dan dada

Apabila sudah terlanjur muncul benjolan atau bintik kecil pada leher bisa jadi itu adalah jerawat. Anda tidak perlu bingung mengatasi mengenai cara mengatasi jerawat di leher, sebab hal itu sama halnya dengan jerawat di tubuh lainnya seperti punggung, lengan, telinga, maupun muka. Anda bisa memberikannya obat tertentu sebagaimana berikut:

1. Benzoil peroxide

Merupakan obat jerawat yang paling sering digunakan dan mudah ditemukan di pasaran seperti apotek. Obat tersebut dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat pada leher hingga mencegah peradangan jerawat.

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu Anda cukup mengoleskannya pada bagian tubuh yang berjerawat secukupnya saja. Jangan lupa sebelumnya bersihkan kulit terlebih dahulu supaya lebih maksimal. Hasil awal memang tampak kulit mengelupas dan kemerahan, namun semakin lama akan lebih baik dan pulih.

2. Sulfur

Sulfur merupakan zat yang dapat membuka pori-pori tersumbat. Selain itu juga mampu membantu mengusir bakteri jahat dalam kulit, sehingga jerawat leher semakin membaik. Zat tersebut biasanya terkandung dalam produk tertentu seperti halnya sabun. Selain pada leher, sulfur juga bisa menjadi obat penghilang jerawat di punggung.

3. Asam salisilat

Salah satu cara menghilangkan jerawat di leher dengan cepat adalah menggunakan asam salilisat. Zat ini dapat mengatasi penyumbatan pori-pori kulit dan mengusir bakteri di dalamnya, sehingga jerawat tidak tumbuh lebih parah. Hanya saja sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil, sebab bisa memicu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Selain itu, asam salisilat seringkali membuat kulit Anda terasa kering dan mengelupas. Namun, itu merupakan kondisi yang biasa dan tidak perlu Anda risaukan. Sebab, setelah diberikan obat tersebut makin lama jerawat di leher belakang maupun bagian lainnya akan membaik. Tentu saja Anda harus tetap sabar dalam melakukan pengobatan.

Apabila jerawat Anda cukup parah karena terasa begitu nyeri hingga keluar sedikit nanah, jangan ragu untuk membawanya pada dokter. Terlebih jika upaya menghilangkan jerawat di leher seperti di atas sudah Anda lakukan, namun tidak kunjung terlihat hasilnya. Dokter akan memberikan perawatan maksimal dan menganjurkan Anda mengkonsumsi obat oral seperti retinoid dan clyndamicin.

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil dan Gatal

cara mengatasi jerawat di leher
jerawat dileher tanda penyakit

Jerawat yang tumbuh di leher bentuknya bervariasi yaitu ada yang seperti komedo, bintik kecil dan gatal, hingga benjolan bertekstur keras. Hal itu tergantung pada penyebabnya, sehingga penyebab jerawat kecil seringkali akibat faktor kebersihan kuli dan alergi produk perawatan tubuh. Hal itu juga sering menjadi penyebab jerawat di punggung dan dada.

Jadi, itu lebih mudah untuk diobati meskipun hanya memanfaatkan bahan alami. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat serta cara mengatasi jerawat di badan baik leher, punggung, wajah, maupun dada.

1. Es batu

Anda bisa mengompres jerawat dengan es batu, khususnya ketika sedang mengalami peradangan. Caranya mudah yaitu bungkus es batu menggunakan kain bersih serta steril lalu aplikasikan pada kulit yang berjerawat. Sebaiknya jangan terlalu menekannya untuk menghindari iritasi hingga infeksi.

2. Madu

Madu dipercaya bisa menyembuhkan jerawat di berbagai area, meskipun belum ada penelitian khusus yang membenarkannya. Cuci wajah atau bagian lain yang berjerawat terlebih dahulu, baru oleskan dengan madu secukupnya dan biarkan hingga beberapa menit atau kering. Kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas lagi degan air biasa.

3. Lemon

Lemon mempunyai antibiotik yang baik untuk mengatasi jerawat kecil dan gatal. Sebab buah tersebut mengandung asam sitrat dan askorbat yang membantu mencegah tumbuhnya bakteri dalam kulit. Karena itu, tidak ada salahnya Anda menggunakannya sebagai obat atau masker penyembuh jerawat.

Ambil perasan jeruk lemon lalu usap pada area yang berjerawat dan sebaiknya gunakan saat malam sebelum tidur. Tunggu hingga satu malam lalu bilas dengan air bersih mengalir. Hindari penggunaan untuk kulit sensitif.

4. Mentimun

Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan mentimun sebagai bahan masker atau krim untuk proses penyembuhan jerawat. Cara membuatnya cukup mudah yaitu ambil mentimun yang sudah diparut lalu campurkan dengan secangkir oatmeal dan tambahkan satu sendok teh yogut dan aduk hingga merata sampai membentuk pasta.

Baru kemudian oleskan pada area yang berjerawat dan tunggu hingga beberapa menit sampai kering. Setelah itu bilas dengan air dingin supaya hasilnya maksimal.

Tidak ada bukti ilmiah bahwa jerawat di leher tanda penyakit dalam tertentu. Hanya saja itu menandakan bahwa ada ketidakseimbangan hormon ditambah dengan alergi penggunaan makeup maupun produk perawatan lain. Sehingga jerawat di leher ini masih terbilang biasa dan wajar.

Leave a Comment