histats

9 Cara Atasi Jerawat di Punggung 2019

Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah saja, namun juga area lain seperti halnya punggung. Jerawat di punggung disebabkan oleh banyak faktor, khususnya genetik yang menyebabkan kulit badan Anda menghasilkan lebih banyak minyak. Ditambah pula adanya bakteri, sehingga bisa menimbulkan jerawat punggung.

Jadi, jerawat pada punggung merupakan hal yang biasa dan tidak perlu begitu ditakutkan. Mengingat kulit area rentan dengan bakteri hingga minyak. Hal itu juga bisa terjadi pada wanita maupun pria dewasa, sehingga Anda harus tetap menjaga kebersihan tubuh sebagai bentuk pencegahan.

Apa Saja Penyebab Jerawat Punggung?

cara menghilangkan jerawat di punggung
jerawat punggung

Pada dasarnya penyebab punggung berjerawat sama halnya dengan jerawat pada umumnya seperti di area muka maupun telinga yaitu ketidakstabilan kadar hormon, kulit berminyak, bakteri, dan faktor makanan.

Hanya saja ada beberapa hal yang menambah resiko timbulnya jerawat pada bagian punggung yaitu penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan tekanan dari luar. Terlebih area kulit punggung mempunyai pori-pori yang lebar, sehingga cukup mudah menumbuhkan jerawat.

Keberadaannya bisa ditandai dengan gatal dan muncul bintik-bintik kecil hingga berwarna kemerahan. Begitu pula tingkat keparahannya bervariasi, seperti ringan yaitu hanya berupa bintik kecil semacam komedo, berupa benjolan keras, hingga bernanah. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab selalu ada jalan untuk mengatasi jerawat punggung.

Cara Mencegah Jerawat pada Punggung

cara menghilangkan jerawat punggung
penyebab jerawat di punggung

Punggung merupakan anggota tubuh yang tidak sering berkontak langsung dengan area serta kondisi luar seperti halnya matahari hingga debu. Namun, ia sering bergesekan dengan benda lain seperti pakaian dan letaknya berada di dalam, sehingga mudah berkeringat.
Ada cara lain yang mudah untuk Anda terapkan untuk mencegah punggung berjerawat, diantaranya adalah:

1. Gunakan pakaian yang longgar

Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dalam setiap aktifitas, khususnya saat olahraga dan kerja. Sebab, pakaian ketat dipercaya dapat menambah jumlah bakteri dan keringat pada punggung. Terlebih saat dan setelah olahraga, sehingga tidak ada salahnya memakai pakaian yang mudah menyerap keringat.

2. Biasakan mandi setiap setelah olahraga

Salah satu penyebab jerawat di punggung adalah bakteri hingga keringat, sehingga biasakan mandi setiap setelah olahraga maupun aktifitas lainnya. Tujuannya agar kotoran, keringat, dan bakteri yang menempel pada tumbuh menjadi berukuran dan bisa mencegah jerawat. Hal itulah yang menjadi cara menjaga kesehatan serta kebersihan tubuh.

3. Hindari produk kebersihan dan perawatan tubuh yang sensitif

Diantara cara mengatasi jerawat di punggung adalah menghindari produk kebersihan maupun perawatan tubuh yang sensitif bagi kulit Anda, seperti halnya sampo, sabun mandi, lotion, dan lainnya. Tidak semua produk tersebut cocok dan aman bagi kulit punggung Anda, terlebih jika sudah timbul jerawat.

Saat keramas, jangan lupa untuk membilasnya dengan air mengalir hingga bersih dan tidak ada bekas busa atau sampo pada punggung. Begitu pula jika Anda ingin memberinya lotion atau semacamnya sebaiknya janganlah sembarangan.

4. Merawat kulit dengan baik dan benar

Lakukan perawatan kulit tubuh Anda dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk tetap menyabun dan menggosok bagian punggung saat mandi untuk menghilangkan bakteri. Namun, jangan terlalu keras saat menggosok area tersebut supaya tidak muncul iritasi. Gunakan sabun khusus mandi yang cocok untuk jenis kulit Anda.

5. Tidak terlalu sering menggunakan tas punggung

Cara menghilangkan jerawat di punggung adalah mengurangi penggunaan tas punggung dan, apalagi jika memang kulit badan Anda sangat sensitif. Beban dalam tas bisa menekan area jerawat dengan keras. Sebab, jika terlalu sering menggunakan tas punggung bisa membuat punggung Anda iritasi, berkeringat, hingga menimbulkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Punggung

menghilangkan jerawat di punggung
cara mengatasi jerawat di punggung

Apabila punggung Anda sudah terlanjur terdapat benjolan kecil atau jerawat, Anda bisa mengatasinya dengan obat berupa salep, krim, jel, kapsul maupun tablet khusus untuk mengobati jerawat di punggung. Berikut adalah obat jerawat punggung yang dipercaya ampuh digunakan:

1. Benzoil peroxide dan asam salisilat

Salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung adalah menggunakan sabun atau produk perawatan lainnya yang mengandung benzoil peroxide maupun asam salisilat. Gunakan secara rutin hingga tampak hasilnya. Namun, zat tersebut berbahaya bagi ibu hamil.

2. Oleskan dengan krim antibiotik

Krim antibiotik merupakan obat yang dapat menghilangkan jerawat di punggung. Krim tersebut dapat membantu membunuh bakteri dalam kulit secara maksimal. Salah satu antibakteri untuk jerawat adalah retinoid, hanya saja tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

3. Konsumsi obat oral

Selain krim, juga ada obat antibiotik dalam bentuk tablet atau kapsul yang bisa diminum. Jika punggung Anda berjerawat dan tingkat keparahannya cukup tinggi, konsumsi obat antibiotik dalam bentuk tablet tersebut. Hal itu merupakan cara menghilangkan jerawat punggung dari dalam.

Jadi, selain dari luar langsung juga membutuhkan upaya pengobatan dari luar. Diantara obat tersebut adalah tetrasiklin, minosiklin, doksisiklin, dan eritromisin. Anda bisa mendapatkannya di apotek maupun toko obat, namun sebaiknya tetap berdasarkan anjuran dan resep dokter.

4. Obat yang mengandung isotretinoin

Cara menghilangkan jerawat pada punggung secara maksimal adalah memberinya obat isotretinoin, terlebih jika beberapa obat di atas sudah Anda coba, namun belum tampak ada perubahan. Hanya saja obat ini terbilang sebagai obat keras dan penggunaannya harus sesuai resep dokter, sehingga tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

Menghilangkan jerawat punggung juga bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, lemon, cuka apel, teh hijau, kunyit, madu, dan oatmeal. Cara menggunakannya masing-masing bahan tersebut sangat mudah yaitu Anda hanya tinggal membersihkan dan mengoleskannya pada area tubuh yang berjerawat. Lakukan cara ini secara rutin supaya hasilnya maksimal.

Seperti halnya jerawat pada tempat lainnya, punggung jerawatan sebaiknya tidak sering dipencet dengan tangan langsung. Selain itu juga hindari penggunaan pakaian ketat dan kasar maupun membawa beban berat di atas punggung. Hal itu bertujuan untuk menghindari timbulnya iritasi maupun infeksi pada jerawat.

Ketika punggung Anda jerawatan, sebaiknya tidak mandi dengan air panas maupun terlalu dingin. Sebab, dikhawatirkan itu bisa memperburuk kondisi jerawat Anda seperti halnya menyebar ke area lain di sekitarnya. Terlebih jika Anda mempunyai kulit sensitif, sehingga harus lebih hati-hati saat mandi hingga menggunakan sabun dan sampo.

Namun, jika jerawat yang muncul di punggung tampak aneh seperti lebih menyakitkan hingga keluar nanah, segera temui dokter dan konsultasikan penyebabnya. Dengan begitu Anda akan memperoleh perawatan khusus untuk mengatasi jerawat di punggung tersebut dengan baik dan benar. Dokter juga akan memberikan Anda obat yang sesuai dan cocok dengan kondisi jerawat.

Beberapa cara pencegahan dan pengobatan jerawat di punggung tersebut juga bisa Anda jadikan sebagai cara menghilangkan jerawat di tubuh atau area lainnya seperti bahu, lengan, dan sebagainya. Jerawat tidak mudah hilang begitu saja dan membutuhkan cukup banyak waktu daam proses penyembuhan, sehingga Anda harus sabar dan rutin melakukannya.

Leave a Comment