histats

9 Cara Atasi Jerawat di Telinga 2019

Jerawat bisa muncul di mana saja seperti area muka, punggung, dan bahkan telinga. Jerawat di telinga merupakan hal yang tidak biasa, mengingat umumnya jerawat tumbuh di daerah yang muka sampai leher. Namun, kasus jerawat di kuping memang ada dalam jumlah kecil baik daun telinga maupun bagian dalam atau saluran telinga luar.

Kulit telinga memang mempunyai sel rambut dan kelenjar minyak, sehingga cukup beresiko tumbuh jerawat. Terlebih jika Anda tidak sering membersihkan area daun telinga dan bahkan sering menggunakan headphone yang kotor. Penyebabnya bisa jadi karena alergi produk kosmetik, perawatan rambut, hingga pakaian.

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat pada Telinga

jerawat di kuping
jerawat di dalam telinga

Meskipun kasus jerawat telinga cukup jarang terjadi, namun tidak ada salahnya Anda tetap melakukan pencegahan. Mengingat telinga merupakan anggota tubuh yang sangat penting sebagai alat pendengaran. Berikut adalah beberapa cara mencegah telinga berjerawat:

1. Bersihkan setiap hal yang sekiranya menempel pada telinga

Ada beberapa hal yang seringkali menempel pada telinga seperti halnya helm, headset, anting, dan sebagainya. Semuanya tentu mengandung bakteri yang bisa menimbulkan jerawat di daun telinga maupun bagian dalam. Oleh sebab itu, bersihkan terlebih dahulu barang-barang tersebut sebelum memakainya.

2. Hindari mengorek telinga dengan tangan ataupun benda kotor

Sebaiknya jangan biasakan mengorek telinga dengan tangan maupun benda kotor. Karena itu gunakan katembat yang steril dan bersih. Tentu saja penggunaannya hanya untuk sekali pakai, jadi jika itu sudah pernah masuk ke dalam telinga sebaiknya jangan digunakan lagi. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya jerawat di dalam telinga.

Selain itu juga bersihkan tangan terlebih dahulu dengan mencucinya sebelum Anda gunakan untuk mengorek telinga. Sebab, tangan sangat rentan terhadap bakteri serta kotoran. Jadi, jika Anda ragu akan kebersihan tangan, sebaiknya gunakan katembat saja supaya lebih aman dan bersih.

3. Bersihkan telinga secara rutin

Tanpa Anda sadari telinga Anda sering terpapar kotoran hingga bakteri jahat. Terlebih pada bagian luar dan sekitarnya karena memang sangat mudah bergesekan dengan barang lain. Begitu pula bagian dalamnya yang menjadi tempat kotoran mengendap termasuk dari luar pula. Oleh sebab itu, bersihkan telinga secara rutin untuk menghindari kemunculan jerawat di telinga.

4. Tutup telinga setiap saat berenang

Tidak ada salahnya untuk menutup telinga Anda saat berenang. Hal itu dikhawatirkan ada kotoran maupun barang yang masuk dalam telinga, sehingga menumbuhkan jerawat dalam telinga. Anda juga bisa menggunakan topi khusus renang agar bagian kepala, termasuk telinga tetap aman dan sehat.

5. Jangan terlalu sering menggunakan headset

Headset merupakan barang elektronik yang mudah terkena dan mengandung kotoran serta bakteri. Selain itu juga membahayakan jika digunakan terlalu sering karena bisa menyumbat pori-pori dalam kulit telinga, lalu memunculkan jerawat di lubang telinga atau sekitarnya.

Jadi, sebaiknya hindari penggunaan barang tersebut dan jika memang ingin memakainya jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu debu atau kotoran yang menempel pada ujungnya.

Jika jerawat sudah terlanjur muncul di telinga Anda, tidak perlu khawatir sebab hal itu bisa disembuhkan dengan obat khusus jerawat hingga perawatan tertentu sesuai anjuran dokter.

Cara Mengatasi Jerawat di Telinga

penyebab jerawat di telinga
jerawat dalam telinga

1. Obat topikal

Ada banyak sekali jenis obat tipikal untuk mengatasi jerawat di telinga seperti halnya Tretinoin. Obat tersebut banyak dijual di toko obat maupun apotek, sehingga Anda akan mudah mendapatkannya. Hanya saja, Anda tidak diperbolehkan menggunakannya dalam kondisi hamil sebab bisa mengakibatkan kelainan bagi bayi.

2. Benzoyl peroxide

Merupakan obat yang sangat umum digunakan untuk mengatasi jerawat, termasuk pada telinga. Anda bisa mendapatkannya di apotek maupun toko obat. Benzoyl peroxide dapat mengurangi kondisi kulit berminyak, membunuh bakteri hingga membuat kulit terkelupas. Hanya saja obat tersebut tidak baik untuk luka terbuka.

Ada beberapa varian bentuk benzoyl yaitu jel, krim, lotion, hingga pelembab. Sebaiknya Anda tetap hati-hati menggunakan krim atau jelnya saat mengoleskannya pada telinga, khususnya bagian agak dalam.

3. Antibiotik

Salah satu penyebab kemunculan jerawat adalah bakteri, sehingga untuk mengatasinya bisa memberikan antibiotik. Ada beberapa jenis antibiotik khusus untuk proses penyembuhan jerawat seperti minocycline, doxiclycine, dan dan tetracycline. Semuanya mengandung zat yang dapat mencegah peradangan jerawat, termasuk pada telinga.

4. Kompres dengan air hangat

Salah satu cara menghilangkannya secara alami adalah mengompresnya dengan air atau benda hangat. Anda bisa menggunakan kain bersih dan steril untuk melakukannya. Caranya mudah yaitu celupkan kain tersebut pada air hangat lalu kompres pada bagian telinga yang berjerawat.

Jangan lupa untuk tetap membersihkan atau mencuci telinga terlebih dahulu sebelum mengompresnya agar bakteri tidak menyebar ke sekitarnya. Tak hanya itu, jangan terlalu menekan jerawat dengan kain tersebut untuk menghindari infeksi dan iritasi. Anda juga bisa memberinya daun obat jerawat secara khusus seperti daun jambu biji dan daun sirih.

Setiap tumbuh jerawat di bagian tertentu biasanya mempunyai arti tersendiri, termasuk pada telinga. Secara umum jerawat di telinga menandakan bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi, sehingga tetaplah penuhi kebutuhan mineral dengan cara minum air putih secara maksimal. Hal itu juga bisa menjadi indikasi bahwa tubuh Anda sedang mengalami gangguan pada ginjal.

Selain itu, ada juga arti jerawat berdasarkan letaknya yaitu jerawat di daun telinga bagian bawah bisa jadi efek penggunaan anting yang kotor atau barang lainnya yang sering mengenai telinga seperti spray tempat tidur hingga helm. Terlebih daun telinga luar mampu menghasilkan minyak kulit, sehingga sangat rentan terhadap jerawat.

Jerawat yang terletak pada daun telinga bawah juga bisa disebabkan oleh kondisi rambut yang kotor maupun alergi produk perawatan rambut, dimana rambut tersebut menempel pada bagian tersebut. Kebersihan telinga memang penting, namun harus dibarengi dengan kebersihan bagian lainnya, khususnya di area sekitarnya seperti rambut.

Jadi, tidak ada salahnya Anda selalu hati-hati dalam memilih produk kecantikan maupun perawatan khusus rambut. Sebab tidak produk aman dan cocok untuk kesehatan kulit Anda. Apabila Anda mempunyai jerawat di bagian telinga sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan produk kecantikan maupun yang lainnya.

Jika Anda mempunyai benjolan cukup besar dan keluar nanah semacam jerawat di telinga kanan sebaiknya bawalah pada dokter khusus. Terlebih jika beberapa cara di atas sudah Anda coba sebaik mungkin, namun tidak kunjung hasilnya. Begitu pun dengan jerawat di telinga kiri, mengingat adanya penyakit kanker kulit yang tumbuh dimana saja.

Jerawat pada bagian telinga merupakan suatu hal yang wajar serta tidak perlu Anda risaukan. Sebab, semua bisa diatasi secara alami maupun dengan obat-obatan sesuai resep dokter sebagaimana penjelasan di atas. Namun, jika terasa lebih menyakitkan dan cukup parah segera bawa ke dokter untuk memperoleh perawatan lebih baik.

Leave a Comment