histats

6 Cara Cepat Mengatasi Jerawat Meradang di Pipi Terbaru 2019

Jerawat meradang di pipi tentu akan mengganggu penampilan Anda jika tidak segera diatasi. Mengingat jerawat yang meradang seringkali tampak begitu mencolok, karena benjolannya yang cukup besar serta berwarna merah. Jerawat tersebut juga bisa tumbuh di area lain seperti hidung, dagu, dan sekitarnya.

Radang jerawat tidak perlu dikhawatirkan, sebab hal itu bisa diatasi dengan menggunakan obat atau merawatnya sendiri dengan benar. Namun jika jerawat cukup banyak dan parah, sebaiknya bawa kepada dokter untuk mendapat perawatan dan obat yang sesuai dan tepat.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang di Pipi

obat jerawat meradang
jerawat meradang

Kebanyakan orang mengatasi jerawat yang meradang dengan cara memencet sendiri menggunakan tangannya atau alat tertentu yang aman bagi kulit. Namun, ternyata hal tersebut belum tentu benar dan aman terlebih kondisi tangan Anda tidak steril, sehingga takutnya justru menimbulkan infeksi dan jerawat menjadi lebih parah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya dengan benar? Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat meradang secara alami:

1. Tea tree oil

Tea tree oil dipercaya dapat menghilangkan jerawat meradang secara alami di semua area wajah. Minyak ini mempunyai kandungan khusus yang membantu meredakan peradangan jerawat. Selain itu juga bisa mengurangi produktifitas minyak dalam kulit hingga dapat menghilangkan bakteri dalam jerawat.

Kandungan di dalamnya tidak jauh berbeda dengan obat jerawat yang dijual bebas di toko maupun apotek seperti halnya benzoyl peroxide. Hanya saja, tea tree tidak baik bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif sebab bisa mudah menyebabkan iritasi.

2. Gunakan masker putih telur dan madu

Cara mengatasi jerawat yang meradang adalah menggunakan masker madu dan putih telur. Madu mempunyai kandungan antibiotik alami yang mampu mengusir bakteri dalam kulit, khususnya pada jerawat meradang. Sementara itu, putih telur bisa membersihkan wajah secara efekstif dan alami.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu ambil putih telur dan kocok hingga berbusa. Kemudian tambahkan madu secukupnya dan aduk hingga keduanya bercampur. Oleskan pada wajah yang yang berjerawat secara merata dan tunggu hingga kering. Baru kemudian cuci muka dengan air bersih dan mengalir.

3. Lidah buaya

Lidah buaya bisa menjadi solusi atau cara menghilangkan jerawat yang meradang. Sebagaimana madu, lidah buaya juga mengandung antibakteri alami yang baik untuk merawat jerawat yang meradang di area wajah. Selain itu juga dapat membantu menghaluskan kulit, khususnya wajah.

Adapun cara menggunakannya sangat mudah yaitu ambil jel lidah buaya dan bersihkan dari getah dan kotoran. Sebaiknya cuci dengan air bersih dan mengalir terlebih dahulu baru kemudian oles atau aplikasikan pada kulit wajah hingga rata. Biarkan beberapa saat sampai kering, lalu basuh dengan air bersih atau air dingin supaya hasilnya maksimal.

4. Kompres dengan es batu

Salah satu cara mengempeskan jerawat yang meradang adalah mengompresnya dengan es batu. Balut es batu dengan kain tipis dan steril lalu kompreskan pada area wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini dengan hati-hati hingga kemerahan pada jerawat agak pudar dan jangan sampai menekannya terlalu keras agar tidak menimbulkan iritasi.

Selain itu juga aplikasikan cara ini pada malam hari sebelum tidur. Namun, jangan lupa untuk membersihkan wajah dan mencucinya sebelum melakukan pengompresan dengan es batu. Hal itu bertujuan agar kotoran ataupun bakteri tidak mudah menempel.

5. Hindari makanan berlemak dan gula berlebihan

Makanan berlemak dan mengandung gula berlebihan bisa memicu peradangan jerawat. Karena itu sebaiknya perhatikan pola makan khususnya dengan tidak banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan gula berlebihan. Makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi juga mengandung hormon dan protein yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Sebaiknya juga konsumsi buah dan sayuran segar, khususnya yang mengandung vitamin A dan mampu membakar lemak seperti jeruk, jeruk lemon, apel, tomat, pepaya, apel, alpukat, mentimun, hingga brokoli. Tentu saja hal itu juga harus diimbangi dengan olahraga serta istirahat yang cukup.

6. Mengoleskan dengan pasta gigi

Satu lagi cara menyembuhkan jerawat meradang adalah mengoleskannya dengan pasta gigi. Hal itu disebabkan pasta gigi mengandung hydrogen, fluorin, dan triclosan yang mampu mencegah adanya iritasi pada kulit.

Selain itu juga ada zat silinca yang membantu mengeringkan jerawat, sehingga tidak meradang lagi. Hanya saja, jangan sampai menggunakan pasta gigi yang mengandung zat mentol dan fluoride yang justru bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Kandungan dalam Obat Jerawat

cara menghilangkan jerawat meradang
obat untuk jerawat meradang

Jika Anda sudah melakukan salah satu cara alami di atas, namun jerawat tidak kunjung mereda tidak perlu bingung. Sebab, sudah ada obat jerawat meradang secara khusus yang dijual di apotek dan semacamnya. Berikut adalah beberapa obat untuk jerawat meradang.

1. Retinoid

Salah satu cara menghilangkan radang jerawat adalah dengan menggunakan obat retinoid. Obat ini mempunyai beberapa varian bentuk seperti krim atau salep dan jel. Anda bisa mendapatkannya di apotek, namun harus tetap mengikuti resep dokter. Hanya saja, obat ini tidak baik untuk perempuan hamil, menyusui dan mempunyai kulit sensitif.

2. Antibiotik

Peradangan jerawat seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri atau kuman. Untuk menyembuhkan jerawat meradang adalah menggunakan antibiotik. Sebaiknya pilih antibiotik yang berbentuk salep atau tablet yang bisa diminum. Tetap saja penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter agar tidak merusak kulit.

3. Sulfur

Sulfur bisa menjadi salah satu solusi mengatasi jerawat meradang. Pasalnya obat atau zat kimia yang satu ini dapat membantu mengurangi produktifitas minyak kulit, menghilangkan se kulit mati, hingga meredakan jerawat meradang. Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda coba terlebih dahulu sesuai dengan aturan.

4. Zinc

Jika Anda masih bertanya-tanya tentang jerawat meradang apa obatnya, obat zinc salah satu solusinya. Zinc merupakan zat kimia atau obat yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih dalam kulit.

Selain itu juga bisa melindungi mencegah infeksi dalam kulit berjerawat, khususnya yang sudah meradang. Obat ini tersedia dengan beberapa bentuk seperti krim atau salep dan tablet atau suplemen yang bisa diminum.

Hanya saja untuk tablet sebaiknya tidak diminum secara berlebihan, sebab mengandung tembaga yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Jika Anda tidak bisa meminum tablet dan takut bahayanya, sebaiknya gunakan krimnya saja sesuai dengan aturan dan resep dokter.

5. Asam salisat

Merupakan zat kimia dalam obat jerawat yang dijual bebas di pasaran atau toko obat. Obat yang satu ini bisa membantu membersihkan pori-pori kulit wajah dan menghilangkan sel kulit mati, mengurangi produksi minyak dalam kulit, hingga membantu mengusir bakteri. Karena itu, asam salisilat bisa menjadi solusi menghilangkan jerawat yang meradang.

Jerawat meradang di pipi tidak perlu ditakutkan karena sudah ada solusinya sebagaimana cara yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa mencobanya salah satu sesuai dengan jenis kulit dan tingkat keparahan jerawat. Tentu saja penjelasan di atas juga bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan jerawat meradang di hidung.

Leave a Comment