histats

4 Hal Tentang Jerawat : Definisi, Pencegahan, Penyebab, Jenis

Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah jerawat. Penyakit kulit jenis ini bisa tumbuh di mana saja, khususnya area wajah seperti pipi, dahi, hidung, dagu, dan bahkan mulut. Seringkali hal itu membuat seseorang tidak bisa tampil percaya diri. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir sebab masalah semacam itu bisa di atasi dengan menggunakan obat serta pola hidup sehat.

Sudah banyak penelitian tentang masalah acne dan kemudian dipaparkan dalam bentuk artikel tentang jerawat. Masalah kulit yang satu ini biasanya terjadi pada usia remaja, khususnya masa puber hingga orang dewasa. Dengan begitu, jerawat tidak mengenal usia maupun tempat.

Definisi Jerawat

pengertian jerawat
apa itu jerawat

Tentu Anda sering bertanya-tanya apa itu jerawat dan bagaimana tandanya. Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak pada tempat tumbuhnya rambut hingga memunculkan benjolan kecil pada bagian tertentu.

Dalam istilah penyakit kulit jenis ini juga sering disebut sebagai acne. Jadi, mengenai apa itu acne dan pengertiannya sudah mencakup pengertian jerawat.

Adapun gejala jerawat adalah sebagai berikut:

  • Bintik atau komedo berwarna hitam yang disebabkan oleh paparan oksigen dari udara. Jadi komedo hitam tersebut bukan karena kotoran yang mengendap dalam kulit lalu membentuk bintik kecil.
  • Komedo putih yaitu komedo berwarna putih yang mempunyai tekstur lebih keras atau membentuk gumpalan. Letaknya cenderung lebih dalam yaitu di bawah permukaan kulit.
  • Papula yaitu benjolan atau bintik kecil yang berwarna kemerahan dan terasa nyeri saat tersentuh. Jadi sebaiknya jangan sampai Anda menekannya.
  • Puptula adalah benjolan kecil atau bintik yang ujungnya terdapat nanah, namun tetap masih dalam kategori ringan.
  • Nodul merupakan benjolan kecil dan bertekstur keras. Letaknya berada di bagian bawah permukaan kulit, sehingga cukup menyakitkan.
  • Kista merupakan kondisi dimana terdapat benjolan kecil yang berisi nanah berada di dalam permukaan kulit. Kondisi semacam ini tentu lebih menyakitkan dan merupakan peradangan yang sensitif serta cukup parah.

Macam-Macam Jerawat

jerawat adalah
apa itu acne

Selain gejala di atas, juga ada beberapa jenis penyakit jerawat yang sering muncul di bagian tubuh tertentu, khususnya muka. Berikut adalah rinciannya:

1. Jerawat kistik

Merupakan jerawat yang ditandai dengan kista merah berukuran besar serta tumbuh dari dalam permukaan kulit. Bintik atau benjolan jerawat ini berisi nanah dan terlihat putih, sehingga tampak menyerupai bisul.

Seseorang yang mempunyai jerawat jenis ini seringkali beresiko terkena jenis lainnya. Hal itu disebabkan jika nanah keluar dan mengenai sekitarnya bisa berpengaruh pada bagian lainnya hingga memunculkan jerawat lainnya. Jika tidak segera diatasi akibatnya bisa cukup fatal.

2. Jerawat nodulokistik

Sering juga disebut sebagai jerawat vulgaris atau jerawat batu. Hal itu disebabkan benjolannya bertekstur lebih keras menyerupai batu dan menyakitkan. Warna permukaan bintik atau benjolan tersebut umumnya putih, merah, dan bahkan ungu. Masalah yang satu ini seringkali menimbulkan bekas yang serius.

3. Jerawat fulminans

Merupakan jenis acne yang sangat parah. Sebab, tidak hanya benjolan atau bintik saja yang muncul namun juga diserta rasa nyeri, demam, hingga tubuh terasa lemas. Selain itu juga diperparah dengan mudah pecahnya benjolan hingga pembengkakan hati atau limpa.

Untuk mengatasinya Anda harus segera pergi ke dokter spesialis kulit atau rumah sakit khusus. Sebab gejala semacam itu sulit dicegah maupun diobati dengan obat biasa yang tersedia di apotek.

4. Jerawat conglobate

Adalah masalah kulit yang disebabkan banyaknya nodul yang muncul di bagian tubuh tertentu disertai dengan peradangan. Saking banyaknya, sehingga antara benjolan satu dengan yang lainnya tampak terhubung, seolah tidak ada spasi. Hal itu tampak bahwa acne tersebut lebih besar.

Umumnya masalah tersebut disebabkan oleh kelebihan hormone testosterone, kondisi autoimun, dan obat-obatan steroid. Banyak usia muda seperti remaja puber, khususnya laki-laki yang mengalami hal demikian.

Penyebab Kulit Berjerawat

gejala jerawat
tentang jerawat

Acne adalah masalah kulit yang sering terjadi bagi kebanyakan orang, khususnya di usia remaja hingga dewasa. Umumnya, acne disebabkan oleh sel kulit mati, bakteri, tersumbatnya pori-pori kulit, dan produktifitas minyak yang berlebihan. Selain itu juga disebabkan oleh faktor lain diantaranya adalah:

1. Kulit berminyak

Orang yang mempunyai kulit berminyak lebih beresiko terhadap masalah acne. Sebab produktifitas sebum lebih banyak jika dibanding dengan kulit kering, sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit.

2. Hormon

Faktor yang satu ini sering terjadi bagi para remaja, ibu hamil, saat haid, dan sebagainya. Perubahan hormon juga dipengaruhi oleh obat-obatan atau faktor medis.

3. Usia

Usia puber yang berlangsung sejak umur belasan hingga 20-an tahun lebih beresiko terkena penyakit kulit jerawat. Sebab saat usia tersebut hormon androgen meningkat lebih banyak.

4. Faktor pikiran seperti stress

Beberapa orang jerawat disebabkan oleh faktor beban pikiran seperti halnya stress. Bahkan faktor ini menurut beberapa penelitian bisa memicu acne menjadi lebih banyak atau parah.

5. Makanan

Beberapa jenis makanan yang memicu munculnya penyakit kulit berupa jerawat seperti susu, cokelat, hingga makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

definisi jerawat
artikel tentang jerawat

Pada dasarnya masalah tentang jerawat ini bisa dicegah, terlepas dari faktor resiko keturunan hingga hormon. Anda bisa melakukannya mulai dari hal-hal sederhana, merubah pola hidup sehat, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa cara mencegah munculnya jerawat:

1. Biasakan cuci muka

Mencuci muka secara teratur bisa mengurangi adanya kotoran yang mengendap dalam kulit. Hal itu merupakan perawatan kulit yang sangat mudah dan dasar. Sebaiknya lakukan 2-3 kali dalam sehari dan jika Anda memakai makeup, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum mencucinya.

2. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Seperti halnya mentimun, alpukat, papaya, lemon, pisan, kiwi, dan sebagainya. Jadi, sebaiknya konsumsi buah dan sayuran yang cukup serta jangan lupa kurangi makan makanan yang kaya akan kadar gula.

3. Sebisa mungkin hindari sinar matahari secara langsung

Tidak ada salahnya Anda menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa menggunakan produk sunblock saat keluar di siang hari. Sebaiknya pilih produk dalam bentuk jel yang tidak mudah menyumbat pori-pori kulit.

4. Tidak menggunakan produk kosmetik secara sembarangan

Tidak semua produk kosmetik aman untuk jenis kulit. Jadi, sebaiknya berhati-hati saat memilih dan menggunakan kosmetik supaya terhindar dari masalah jerawat. Sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol, scrub wajah, hingga astringen yang sensitive terhadap kulit. Selain itu juga pilih kosmetik yang berlabel non-acnegenik dan non comedogenik.

Artikel jerawat di atas setidaknya bisa memberi gambaran pengertian acne dan seluk beluk jerawat hingga pencegahannya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar penyakit jerawat dan gambar orang berjerawat di beberapa media, khususnya internet. Dengan begitu Anda juga bisa lebih hati-hati dalam memilih produk kecantikan hingga makanan.

Leave a Comment