histats

6 Makanan Penyebab Jerawat dan Cara Pencegahannya 2019

Jerawat disebabkan oleh berbagai hal seperti kadar hormon, bakteri, hingga makanan. Makanan penyebab jerawat tidak banyak jenisnya dan harus Anda hindari untuk mencegah tingkat keparahan serta proses penyembuhan. Anda tidak perlu merisaukan makanan apa yang baik dikonsumsi saat jerawatan, namun Anda perlu memperhatikan makanan apa yang menyebabkan jerawat.

Makanan yang menimbulkan jerawat umumnya mengandung minyak, kadar gula tinggi, dan semacamnya, termasuk makanan pedas. Namun, beberapa penelitian mengatakan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada munculnya jerawat.

Macam-Macam Makanan yang Menyebabkan Jerawat

makanan yang menimbulkan jerawat
makanan yang menyebabkan jerawat

Memang ada beberapa mitos mengenai larangan makanan tertentu supaya tidak jerawatan. Namun, tidak semuanya juga benar dan faktanya ada beberapa makanan yang berpengaruh dan bahkan sensitif bagi kesehatan kulit, sehingga menyebabkan jerawat. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat:

1. Makanan berminyak

Konsumsi makanan berminyak seperti junk food, berbagai jenis gorengan, hingga snack bisa memicu timbulnya jerawat. Selain berminyak, makanan yang bisa menyebabkan jerawat adalah mengandung garam berlebih. Sebab, hal itu bisa menambah kadar lemak dalam tubuh, kemudian berpengaruh terhadap pori-pori kulit.

2. Makanan yang mengandung glukosa

setiap glukosa atau kadar gula tinggi adalah soda, kue, susu, jus buah dan lain sebagainya termasuk makanan yang menimbulkan jerawat. Semuanya bisa mengakibatkan munculnya jerawat, sebab kandungan glukosa di dalamnya bisa menambah insulin pada tubuh. Sehingga sebisa mungkin hindari konsumsi jenis makanan tersebut.

3. Keripik kentang

Keripik kentang, roti, dan makanan gorengan lainnya adalah salah satu makanan penyebab timbulnya jerawat. Hal itu disebabkan ia mengandung glikemik yang tinggi lalu membantu meningkatkan kadar insulin serta glukosa dalam tubuh dan bisa memunculkan jerawat.

4. Susu dan olahannya

Susu, keju, sereal, dan olahannya juga termasuk makanan pemicu jerawat. Sebab di dalamnya mengandung hormon yang dapat meningkatkan produksi minyak dalam tubuh lalu memunculkan jerawat. Meskipun mengandung kalsium tinggi, namun tidak baik dikonsumsi secara berlebihan dan Anda bisa menggantinya dengan makanan lain.

5. Alkohol

Alkohol termasuk dalam makanan yang mengakibatkan jerawat. Sebab, ia mengandung kadar gula yang tinggi dan bersifat diuretik yang membuat kulit menjadi dehidrasi. Jika sudah begitu, proses kulit yang mengelupas tidak bisa berjalan secara maksimal hingga pori-pori tersumbat.

Jadi, terlepas dari larangan agama, alkohol tetaplah berbahaya bagi kesehatan kulit Anda. Sebagai gantinya Anda bisa meminum anggur merah yang mengandung antioksidan, sehingga tetap aman dan baik bagi kesehatan maupun kebersihan kulit.

6. Makanan yang mengandung kafein tinggi

Makanan yang mempunyai kadar kafein tinggi seperti kopi, cokelat, teh, hingga minuman berenergi termasuk dalam makanan yang menyebabkan jerawat. Konsumsi kafein secara berlebihan dapat membantu adrenalin memproduksi hormon stres. Stres itulah yang kemudian bisa memicu tumbuhnya jerawat pada bagian tubuh tertentu.

Tentu saja semua itu juga termasuk makanan yang membuat jerawat lebih parah, sehingga harus dihindari. Selain makanan yang memicu jerawat di atas, juga ada beberapa faktor lain seperti stres, kadar hormon, dan kebersihan kulit. Jadi, sebaiknya terapkan pola hidup sehat untuk menghindari jerawat akibat semua faktor di atas.

Di sisi lain ada pula makanan yang bikin jerawat berkurang bahkan sembuh, seperti halnya minyak zaitun, teh hijau, cokelat hitam, dan konsumsi mentimun. Minyak zaitun mempunyai dua jenis bentuk yaitu cair dan kapsul, sedangkan sisanya bisa dikonsumsi secara langsung. Anda bisa memilih salah satu untuk dikonsumsi secara rutin.

Tentu saja cokelat hitam berbeda dengan cokelat biasa, sebab ia mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan tersebut dapat membantu kulit mengurangi bakteri dan produksi minyak dalam kulit.

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

makanan yg menyebabkan jerawat
makanan penyebab timbulnya jerawat

Berdasarkan penjelasan mengenai makanan yang dapat menimbulkan jerawat di atas, sebenarnya itu bisa diatasi dan dicegah secara alami. Anda tidak harus terlalu banyak konsumsi obat maupun menggunakan zat kimia tertentu untuk mengatasinya. Semua bermula dari diri sendiri, sebagaimana penjelasan di bawah ini:

1. Terapkan pola makan sehat

Setiap makanan tentu mempunyai kandungan tersendiri dan saat dikonsumsi itu berpengaruh terhadap tubuh manusia. Ada yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan sebagainya, dimana masing-masing memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Namun, beberapa juga tidak baik dikonsumsi berlebihan sebagaimana penjelasan di atas.

Seringkali muncul pertanyaan apakah kacang menyebabkan jerawat juga? Itu hanyalah mitos, jadi konsumsi kacang tidak berpengaruh pada tumbuhnya jerawat ataupun bahkan memperburuk keadaan. Justru kacang sangat baik dikonsumsi untuk proses penyembuhan jerawat sebab mengandung omega-3 yang dapat mengurangi produksi minyak dalam tubuh.

Jadi, jelas bahwa kacang bukanlah makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu juga ada ikan hingga buah dan sayur segar yang bisa mencegah munculnya jerawat. Hal itu harus dibarengi dengan kesabaran dan ketelatenan supaya hasilnya maksimal.

2. Menjaga kesehatan kulit

Setiap kulit harus dijaga kesehatan dan kebersihannya supaya terhindar dari jerawat. Anda bisa menghindari makanan yang bisa menyebabkan jerawat, namun tidak menjaga kebersihan kulit sama halnya tidak berusaha. Sebab kulit harus dirawat dari luar maupun dalam, terlebih bagian yang terbuka seperti wajah dan telinga.

Gunakan tabir surya setiap akan keluar rumah di siang hari dan seringlah mencuci muka, terlebih setelah seharian beraktifitas di luar. Tentu saja banyak debu dan bakteri yang menempel pada kulit yang bisa memicu jerawat. Jangan lupa untuk selalu membersihkan muka setelah menggunakan makeup tebal maupun tipis untuk menghindari bertambahnya kotoran.

Di samping itu, gunakan sabun cuci muka khusus dengan kandungan pH seimbang untuk menghindari iritasi atau kerusakan pada kulit. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka menggunakan sabun, setidaknya 2 kali dalam sehari.

3. Terapkan pola hidup sehat

Selain menghindari makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat, juga harus tetap menerapkan pola hidup sehat. Terlebih jika jerawat tersebut disebabkan oleh faktor hormon dan stres, sehingga membutuhkan istirahat, olahraga, hingga rekreasi sementara. Sebaiknya jangan tidur terlalu malam seperti halnya tidur selama 8 jam dalam sehari.

Tidur bisa mengurangi stres hingga 15 persen. Sedangkan saat Anda stres kadar glukokorticoid meningkat dan bisa menimbulkan jerawat. Sempatkan olahraga dalam beberapa menit di sela-sela aktifitas. Anda bisa melakukan jogging, senam, jalan santai, dan semacamnya setiap pagi sebelum sarapan maupun sore.

Itulah beberapa jawaban mengenai makanan apa saja yang menjadi penyebab jerawat hingga cara mencegahnya secara alami. Sebagai catatan, setiap orang mempunyai karakteristik kulit dan kepekaan tersendiri terhadap alergi makanan dan sebagainya yang bisa memicu jerawat. Jadi, tidak ada salahnya Anda tetap menghindari makanan jerawat sebagaimana yang di sebutkan di atas.

Pada dasarnya masih banyak makanan yang tidak menyebabkan jerawat, sehingga bisa menjadi alternatif Anda jika memang sudah terlanjur terbiasa mengkonsumsi salah satu makanan penyebab jerawat. Selain itu juga bisa diatasi dengan obat maupun bahan alami lain hingga periksa pada dokter ahli sekaligus.

Leave a Comment