histats

8 Penyebab Jerawat dan Resikonya, Wajib Tahu! 2019

Jerawat memang merupakan salah satu penyakit kulit yang sering ditemukan dan dirasakan oleh berbagai kalangan. Jerawat ini memiliki berbagai jenis dan cara penangananya juga berbeda pula. Untuk menghindarinya Anda perlu mengetahui penyebab jerawat agar terhindar dari jerawat itu sendiri.

Penyebab timbulnya jerawat memang terdiri dari beberapa faktor yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan. Selain itu, kondisi yang menyebabkan jerawat juga dapat mengembangkan jerawat secara cepat. Apa saja penyebab jerawat? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Jerawat

Sebagian besar dari Anda tidak akan percaya diri jika memiliki jerawat pada kulit bukan? Meskipun biasanya jerawat muncul pada bagian selain wajah, namun bagian wajah yang ter ekspose membuat kepercayaan diri Anda semakin menurun. Apa penyebab jerawat dapat ditemukan pada beberapa kondisi.

1. Faktor dalam

penyebab timbulnya jerawat
apa penyebab jerawat

Penyebab jerawat pertama adalah adanya sumbatan pada folikel rambut. Sumbatan ini dilakukan oleh campuran sel kulit mati dan sebum. Kedua, produksi sebum berlebih juga menimbullkan jerawat. Sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak sebagai pencegah kulit kering.

Apa penyebab timbulnya jerawat? Selanjutnya adalah bakteri dan hormon. Jenis bakteri Propionibacterium acnes yang berkembang, menyumbat folikel rambut dan menyebabkan peradangan dapat memunculkan jerawat.

Selain itu, aktivitas hormone androgen yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat. Empat kondisi ini sebaiknya dihindari dengan pola gaya hidup sehat serta menjaga pola makan Anda.

Hal-hal yang menimbulkan resiko jerawat berkaitan dengan faktor di dalam diri sendiri. Seperti perubahan hormon yang biasanya dialami oleh perempuan pada fase tertentu. Contohnya pada saat menjelang menstruasi dan tiga bulan pertama masa kehamilan.

Kemudian masa pubertas yang merupakan aktivitas hormone testoteron yang meningkat. Sehingga menyebabkan kelenjar minyak yang dihasilkan berupa sebum dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya atau yang dibutuhkan oleh kulit menjadi penyebab jerawat.

Selain itu, keturunan dari keluargSa yang memiliki kulit bermasalah juga menjadi faktor penyebab. Jika orang tua Anda mengalami masalah kulit, maka Anda akan berpotensi untuk memiliki permasalahan jerawat pula.

Selain kondisi di atas, penyebab munculnya jerawat juga karena aktivitas sehari-hari yang ternyata dapat mengakibatkan jerawat. Beberapa kebiasaan yang Anda lakukan juga dapat berpengaruh terhadap kulit Anda.

2. Faktor luar

apa penyebab timbulnya jerawat
penyebab terjadinya jerawat

a. Rambut Kotor

Berapa kali jadwal Anda mencuci rambut? Masing-masing orang tentunya memiliki jadwal yang berbeda untuk mencuci rambut. Salah satu penyebab adanya jerawat adalah sentuhan rambut yang kotor pada kulit wajah.
Rambut memiliki intensitas yang tinggi dalam bersentuhan dengan kulit wajah. Tentunya kebersihan rambut juga berpengaruh terhadap beberapa kondisi yang telah dijelaskan di ata. Sehingga dapat berpotensi munculnya jerawat.

b. Tangan kotor

Bakteri dan kotoran yang menempel pada tangan Anda dapat pula menempel pada kulit dan pori-pori wajah. Akibat munculnya jerawat ini disebabkan karena tangan Anda menyentuh kulit secara langsung.
Apa yang menyebabkan jerawat lain adalah penggunaan makeup dalam jangka waktu lama yang tidak segera dihapus. Makeup terbuat dari bahan kimia yang dapat berdampak buruk bagi wajah Anda jika digunakan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu jika selesai menggunakan makeup segera hapus dengan bersih.

c. Barang-barang kotor

Selain itu, barang-barang yang bersentuhan dengan kulit juga perlu diperhatikan kebersihannya. Bakteri dan kotoran pada barang-barang tersebut akan menjadi penyebab timbul nya jerawat. Karena barang-barang tersebut menyentuh kulit wajah, maka harus dipastikan barang tersebut bersih.

d. Memencet dan mengopek jerawat

Kebiasaan memencet dan mengopek jerawat memang sering dilakukan oleh masyarakat awam yang tidak mengetahui cara penanganan jerawat yang benar. Salah satu penyebab banyak jerawat adalah dengan memencet atau mengopek jerawat.

Sebab jerawat semakin banyak jika memencet atau mengopeknya adalah mengakibatkan melunakkan kulit sehingga menyebabkan jaringan kulit rentan sobek. Memencet jerawat tidak akan mengatasi, justru malah menimbulkan kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah.

e. Cara cuci muka yang salah

Tahukah Anda bahwa cuci muka yang salah juga menjadi akibat timbulnya jerawat? Ternyata, terlalu sering mencuci muka atau proses cuci muka yang salah juga mengakibatkan jerawat lho.

Pastikan untuk menggunakan produk yang aman bagi kulit wajah Anda. Alasan kenapa timbul jerawat meskipun Anda menggunakan banyak produk karena kandungan produk tersebut yang masih memiliki kandungan minyak. Tidak menjadi jaminan bahwa produk yang Anda pakai adalah produk yang aman bagi kulit.

Hal-hal yang menyebabkan jerawat juga termasuk pada saat Anda membersihkan wajah. Wajah Anda merupakan area sensitive sehingga harus diperlakukan secara lembut. Dalam prosesnya, sebaiknya Anda mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

Ikat rambut Anda sebelum mencuci muka karena akan lebih nyaman dan seluruh area wajah akan lebih mudah untuk dibersihkan. Kemudian gunakan produk yang sesuai dengan kulit wajah Anda. pijat wajah dengan lembut selama beberapa detik kemudian bilas dengan air yang mengalir.

Jika Anda mencuci wajah menggunakan handuk atau waslap, perhatikan pula kebersihannya karena salah satu faktor yang menyebabkan jerawat adalah kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit wajah. Lebih baik Anda membiarkan kering dengan sendirinya atau tepuk dengan kain lap yang lembab dengan Gerakan menyapu ke bawah.

f. Stres

Tanpa disadari, stress juga menjadi faktor penyebab muka jerawatan. Berbagai tuntutan dan permasalahan menyebabkan Anda stress. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa stress dapat berdampak pada kesehatan tubuh termasuk pula pada kulit.

Stress dapat menjadi pemicu jerawat bertambah parah pada kulit Anda. Kebiasaan buruk yang ditimbulkan dari stress seperti merokok, makan berlebihan, minum alkohol juga dapat menimbulkan jerawat.

g. Tidak sabar pada satu obat lalu menggantinya

Apa penyebab munculnya jerawat selanjutnya? Yaitu mudah menyerah terhadap obat jerawat lalu mengganti obat jerawat serta produk. Padahal mengobati jerawat membutuhkan waktu yang agak lama, maksimal dalam satu bulan.

Untuk tampil cantik tanpa jerawat dibutuhkan waktu dan kesabaran. Mengganti produk maupun obat akan menyebabkan kulit Anda semakin susah untuk diobati karena masing-masing obat memiliki kandungan yang berbeda-beda dan efek yang berbeda-beda pula.

h. Konsumsi makanan yang salah

Makanan yang Anda konsumsi juga berpotensi sebagai akibat jerawat lho. Makanan yang mengandung gula tinggi dan lemak dapat menjadi penyebab utama. Kadar gula yang tinggi akan merangsang kenaikan hormone insulin pula. Hormone insulin ini berfungsi mengolah glukosa dalam tubuh.

Kenaikan hormone insulin ini pula mengakibatkan tingginya jumlah sel kelenjar minyak dan keringat pada wajah sehingga dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, faktor penyebab jerawat juga ada pada makanan berlemak.

Makanan berlemak dapat menyebabkan produksi lemak bertambah sehingga dapat menyebabkan kulit berminyak pula. Selain itu, kandungan minyak ini juga dapat menyebabkan peradangan sehingga jika Anda memiliki jerawat maka jerawat tersebut akan bertambah parah.

Pada dasarnya permasalahan kulit khususnya jerawat ini menyebabkan kurangnya rasa percaya diri karena terdapat perubahan kulit pada wajah. Namun dengan cara penanganan yang tepat serta mengenal penyebab jerawat sendiri akan mencegah Anda untuk mengalami jerawat.

Leave a Comment